Now Reading
19 Ribu Kasus Baru dalam 24 Jam Brasil Catat Rekor Harian Tertinggi Kasus Infeksi Virus Corona

19 Ribu Kasus Baru dalam 24 Jam Brasil Catat Rekor Harian Tertinggi Kasus Infeksi Virus Corona

Avatar

Brasil mencapai rekor harian tertinggi untuk kasus infeksi vius corona pada Rabu (20/5/2020). Diketahui, ada 19.951 kasus baru dikonfirmasi di Brasil dalam 24 jam terakhir. Dengan angka tersebut, Brasil menempati posisi ketiga secara global yang mencatat infeksi paling banyak.

Secara terpisah, saat Presiden Donald Trump ditanya soal angka infeksi Brasil yang meroket, ia mengaku mempertimbangkan larangan bepergian ke dan dari Brasil. "Kami tengah mempertimbangkannya," ungkap Donald Trump. "Kami berharap tidak akan memiliki masalah. Kini Gubernur Florida tengah melakukan pengujian dengan baik, mengingat mayoritas besar (orang Brasil) datang ke Florida," katanya.

Dengan tegas, Donald Trump menambahkan, dia khawatir dengan banyak hal. Dia mengatakan tidak ingin orang Brasil datang ke Washington dan menulari penduduk di sana. Lebih jauh, di tengah krisis kesehatan yang melonjak ini, Majelis Kongres Brasil baru menyetujui undang undang terkait masker sebagai perlindungan pribadi di ruang publik.

Undang undang terebut mewajibkan masayrakat mengenakan masker atau segala jenis penutup wajah saat berada di wilayah publik. Termasuk taman, trotoar, transportasi umum, dan lokasi dengan tingkat lalu lintas pejalan kaki tinggi. Orang orang Brasil yang tidak mengenakan masker akan didenda hingga 52 dolar AS atu Rp 600 ribu.

Sebagai catatan, proposal ini memerlukan persetujuan Senat dan Presiden Brasil Jair Bolsonaro. Seperti diketahui, Bolsonaro sendiri kerap muncul ke publik tanpa mengenakan masker. Sebelumnya, Wali Kota Sao Paolo sempat memperingatkan bahwa sistem kesehatan Brasil akan dengan cepat kewalahan menangani kasus Covid 19.

Ini karena penduduk di sana tidak mengindahkan pedoman jaraksosial. Berbagai upaya dilakukan agar penyebaran virus corona mereda, satu di antaranya adalah menempatkan 12 juta penduduk dalam liburan lima hari agar mereka tinggal di rumah. Secara terpisah, Bolsonaro dikabarkan terus mengabaikan ancaman virus corona.

Dia justru mengklaim karantina dan lockdown dapat berdampak lebih buruk pada ekonomi Brasil. Bolsonaro berulang kali menyebut Covid 19 sebagai flu biasa dan mendesak bisnis untuk segera dibuka kembali. Perintahnya keluar bahkan ketika Gubernur terkait berjuang menerapkan langkah langkah isolasi demi memperlambat penyebaran Covid 19.

See Also

Sebelumnya, Menteri Kesehatan Brasil Nelson Teich mengundurkan diri setelah berselisih dengan Bolsonaro. Teich tidak satu pendapat terkati strategi pencegahan virus corona. Selain itu, Teich berselisih dengan Bolsonaro mengenai pengunaan obat malaria untuk mengobati virus corona.

Pada April 2020 kemarin, Bolsonaro bahkan memecat Luiz Henrique Mandetta, setelah Brasil menghadapi kebuntuan berkepanjangan dalam menangani Covid 19. Terlepas dari krisi politik yang dihadapi Brasil, Bolsonaro dikabarkan menggembor gemborkan klorokuin sebagai obat yang berpotensi melawan Covid 19. Sebagai catatan, obat ini belum terbukti untuk Covid 19.

Melalui unggahan Twitter, Bolsonaro mengatakan, pemerintahannya akna mengeluarkan pedoman baru terkait penggunaan klorokuin. "Hari ini, kita akna memiliki protokol baru tentang klorokuin," ungkap Bolsonaro melalui .

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Terradorap.com © Copyright 2019 - All Rights Reserved. Nikmati Hari dengan Informasi Terbaru.
Scroll To Top