Now Reading
7 Pilihan Cara Membayar BPJS

7 Pilihan Cara Membayar BPJS

Avatar
7 Pilihan Cara Membayar BPJS

Pemerintah telah menyediakan fasilitas asuransi kesehatan yang bisa kita gunakan kapan saja dengan mudah. Fasilitas tersebut disebut BPJS Kesehatan. Kewajiban kita sebagai pengguna fasilitas ini adalah membayar iuran tepat pada waktunya. Berikut adalah 7 pilihan cara membayar BPJS kesehatan yang praktis dan mudah.

Melalui ATM

Pembayaran iuran BPJS bisa dilakukan dengan mudah kapan saja lewat ATM. Jika Anda sudah memiliki rekening tabungan dan menggunakan fasilitas ATM, maka bayar saja iuran lewat fasilitas ini. Beragam jenis bank sudah menyediakan fasilitas pembayaran BPJS untuk mempermudah para peserta asuransi ini.

Cara pembayarannya sangat mudah. Anda bisa langsung masuk menggunakan PIN ATM lalu memilih menu payment atau pembayaran. Selanjutnya pilih BPJS Kesehatan dan langsung masukkan nomor pembayaran. Jika nomor pembayaran benar, akan muncul jumlah uang yang harus dibayarkan.

Melalui Mobile Banking

Jika melalui ATM masih dirasa terlalu ribet, Anda juga bisa melakukan pembayaran lewat mobile banking. Tak perlu pergi keluar mencari ATM, cukup dengan mengakses rekening Anda lewat smartphone. Prosedurnya hampir sama seperti pembayaran lewat ATM hanya saja menggunakan aplikasi di ponsel Anda.

Melalui Aplikasi JKN-KIS

Saat ini BPJS memberikan fasilitas mudah bagi para peserta lewat adanya aplikasi JKN-KIS. Melalui aplikasi ini, para peserta asuransi bisa melakukan pendaftaran, mengubah kelas pelayanan BPJS, dan melakukan pembayaran iuran. Terlebih dahulu silakan unduh aplikasi JKN-KIS tersebut di smartphone Anda.

Selanjutnya, Anda perlu mendaftarkan layanan autodebet terlebih dahulu. Jika sudah melakukan pendaftaran, proses pembayaran iuran melalui aplikasi JKN-KIS bisa dilakukan.

Melalui Minimarket

Alfamart dan Indomaret juga menyediakan fasilitas pembayaran iuran BPJS Kesehatan. Cara pembayaran ini sangat difavoritkan oleh masyarakat karena mudah. Anda tak perlu memiliki rekening bank dan bisa membayar secara tunai. Namun, Anda perlu membayar biaya admin sebesar Rp2.500,00.

Lewat Kantor Pos

Demi mempermudah semua orang untuk membayar iuran BPJS tepat waktu, kantor pos juga menyediakan fasilitas pembayaran. Anda tinggal mendatangi kantor pos terdekat dan melakukan pembayaran sesuai tagihan. Cara ini sangat mempermudah masyarakat pedesaan yang mungkin jauh dari fasilitas bank dan teknologi lainnya.

Melalui E-commerce

See Also

Teknologi memang semakin canggih. Kemajuan teknologi juga ikut berperan mempermudah Anda dalam mendapatkan fasilitas, termasuk membayar iuran BPJS. Pembayaran iuran BPJS Kesehatan kini bisa dilakukan dengan mudah lewat e-commerce.

Pembayaran melalui e-commerce juga cukup mudah dan prosesnya tidak memakan waktu yang lama. Sebelum melakukan pembayaran, silakan top-up terlebih dahulu. Biasanya sudah tersedia menu pembayaran tagihan dan langsung diarahkan ke BPJS Kesehatan.

Langsung Datang ke Kantor

Ada satu lagi cara pembayaran iuran BPJS yang bisa Anda lakukan yaitu dengan langsung datang ke kantor. Di sana sudah ada loket pembayaran yang disediakan bagi para peserta asuransi. Anda tinggal datang dan melakukan pembayaran sesuai dengan jumlah tagihan yang ada.

Hanya saja cara ini dinilai kurang praktis dan merepotkan. Apalagi jika ada banyak orang yang akan melakukan pembayaran. Anda harus mengantre cukup lama agar bisa membayar iuran BPJS. Daripada membuang waktu dan tenaga, lebih baik pilih metode pembayaran lain yang lebih praktis.

Itulah tadi 7 pilihan cara membayar BPJS. Sudah ada banyak pilihan cara yang tersedia mulai dari yang paling praktis hingga yang harus mengantre. Pilihlah metode pembayaran yang menurut Anda paling mudah dan tidak merepotkan. Pastikan untuk tidak terlambat membayar iuran agar Anda bisa menikmati fasilitas yang disediakan.

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Terradorap.com © Copyright 2019 - All Rights Reserved. Nikmati Hari dengan Informasi Terbaru.
Scroll To Top