Now Reading
8 Hal Penting yang Wajib Diperhatikan saat Pertama Kali Umrah di Tanah Suci

8 Hal Penting yang Wajib Diperhatikan saat Pertama Kali Umrah di Tanah Suci

Avatar

Pertama kali umrah menjadi momen yang cukup menyenangkan dan mungkin kamu akan sedikit kebingungan dalam mempersiapkan segala sesuatu. Untuk itu kamu perlu mencari tahu persiapan persiapan apa saja yang perlu kamu ketahui agar ibadah umrah kamu lancar. Tentunya kamu akan merasa sedikit bingung, ada beberapa hal penting yang perlu kamu ketahui saat pertama kali umrah.

Sekarang ini sangat banyak sekali rekomendasi travel umrah yang bisa kamu pilih. Bagi yang baru pertama kali umrah, ada banyak pilihan travel umrah yang tentunya membuat kamu sedikit kebingungan. Agar tidak salah memilih travel umrah ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan.

Mulai dari mengecek agen travel umrah kamu sudah terdaftar atau belum di Kementerian Agama, track record, dan perlu hati hati jika ada travel umrah yang menawarkan paket umrah di bawah Rp 19 jutaan. Kamu juga perlu bertanya kepada saudara, tetangga, atau kerabat kamu yang pernah ibadah umrah. Agen travel umrah tentunya akan menawarkan banyak paket umrah yang bisa kamu pilih.

Setidaknya ada tiga pilihan paket umrah yang perlu kamu ketahui. Untuk kamar hotel disediakan tiga tipe yang bisa calon jemaah umrah pilih. Mulai dari kapasitas kamar hotel dengan double, triple, dan quard.

Perlu diketahui juga harga tiap tipe kamar hotel pun berbeda beda. Sementara itu, paket umrah berdasarkan waktu keberangkatan dibagi menjadi beberapa alternatif pilihan. Mulai dari paket reguler, dengan waktu keberangkatan sebulan sebelum musim haji dan biasanya dilakukan selama 9 hari.

Waktu keberangkatan lainnya adalah saat bulan ramadan, berangkat saat Lailatul Qadr pada akhir ramadan. Ada juga paket umrah plus wisata dengan menambahkan destinasi perjalanan wisata setelah umrah usai. Umrah berdasarkan waktu keberangkatan biasanya disesaikan dengan waktu liburan sekolah, yakni berkisar antara bulan Juni hingga Agustus.

Tidak hanya itu, paket umrah berdasarkan biaya juga bisa kamu pilih. Penawaran paket umrah yang bisa kamu pilih mulai dari paket umrah murah dengan kisaran mulai Rp 19 jutaan, paket umrah standar kisaran Rp 28 34 jutaan, hingga hingga paket umrah VVIP dengan kisaran di atas Rp 35 jutaan. Hal terpenting yang wajib kamu ketahui sebelum perjalanan umrah adalah menyiapkan anggaran biaya.

Setelah memilih jenis paket umrah, kamu juga perlu menyediakan anggaran biaya tambahan. Anggaran biaya ini sebagai peganggan kamu selama menjalankan ibadah umrah di Mekkah. Dengan biaya tersebut kamu bisa membeli oleh oleh untuk keluarga di rumah.

Saat membeli oleh oleh pastikan untuk menyesuaikan dengan kebutuhan saja. Saat tiba di Mekkah dan Madinah kamu wajib tahu harus berpakaian seperti apa. Cari tahu juga diperbolehkan atau tidak memakai wewangian saat umrah.

Sebelum berangkat umrah, ada baiknya kamu melakukan riset, hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan saat umrah. Ada beberapa larangan yang wajib kamu patuhi selama menjalankan ibadah umrah. Mulai dari larangan menggunakan wewangian setelah berpakaian ihram, jemaah umrah pria maupun wanita juga dilarang untuk mencabut bulu, ataupun memotong kuku selama ihram, dan masih banyak lagi.

Perlengkapan umrah wanita, pria, dan anak anak pasti akan berbeda beda. Bagi kamu yang baru pertama kali umrah tentu harus mempersiapkan perlengkapan umrah secara detail. Supaya bisa menghemat anggaran biaya untuk membeli barang barang yang mungkin tertinggal.

Berikut daftar perlengkapan umrah yang bisa kamu bawa: Pakaian ihram Al Quran

See Also

Perlengkapan Shalat Sandal dan sepatu Pakaian sehari hari

Jaket Obat pribadi Skincare atau make up (digunakan di luar kegiatan ibadah umrah)

Asesoris (berupa topi, kacamata hitam, hingga payung) Alat elektronik. Hal terakhir yang tidak kalah penting adalah menjaga kondisi fisik kamu selalu fit.

Saat melakukan ibadah umrah, tentunya akan cukup menguras banyak energi. Kamu wajib memperbaiki pola makan dan mulailah rajin berolahraga. Hal tersebut akan sangat membantu kondisi fisik kamu semakin prima.

Jemaah yang baru pertama kali umrah harus mempersiapkan diri dengan mempelajari panduan umrah. Kamu harus mulai latihan membaca dan menghafalkan doa doa ketika menjalankan ibadah umrah. Namun apabila masih banyak bacaan doa yang belum dihafal, kamu bisa membawa Al Quran ke Mekkah.

Langkah yang tidak boleh terlewatkan adalah memilih waktu terbaik saat beribadah umrah di Tanah Suci. Sebenarnya umrah bisa dilakukan kapan saja sepanjang tahun, kecuali saat musim haji. Kamu bisa memilih, awal tahun baru, ketika bulan ramadhan, akhir tahun, atau menjelang musim haji.

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Terradorap.com © Copyright 2019 - All Rights Reserved. Nikmati Hari dengan Informasi Terbaru.
Scroll To Top