Now Reading
Australia Pari Manta Merah Muda Terlihat di Great Barrier Reef Viral di Medsos

Australia Pari Manta Merah Muda Terlihat di Great Barrier Reef Viral di Medsos

Avatar

Great Barrier Reef adalah kawasan terumbu karang yang membentang sepanjang 2.600 kilometer yang termasuk berada di pantai Queensland, timur laut Australia. Kawasan ini sangat penting, karena merupakan karang penghalang dan menjadi tempat tinggal bagi berbagai hewan laut. Nah, ternyata ada satu hewan laut yang unik dan menjadi penghuni kawasan ini, teman teman.

Hewan ini adalah seekor ikanpari mantayang berwarna pink ataumerah muda. Wah, biasanya kan ikan pari yang ditemukan selalu berwarna abu abu di bagian atasnya, sedangkan bagian bawahnya berwarna putih. Namun mengapapari mantaini justru berwarnamerah muda, ya?

Pari manta berwarna merah mudah yang ada di Great Barrier Reef, Australia ini menjadi viral setelah seorang fotografer mengunggah foto pari itu ke media sosial miliknya. Sang fotografer, Kristian Laine, saat itu melakukan penyelaman ke Great Barrier Reef untuk memotret berbagai hewan laut, seperti kura kura, hiu, dan pari manta. Pari manta ternyata merupakan hewan laut yang terkenal di antara fotografer bawah laut, nih, karena gerakan tubuhnya yang indah, seperti sedang menari.

Saat sedang memotret, ternyata Kak Kristian menangkap gambar seekor pari manta berwarna merah muda. Karena sebelumnya tidak pernah mengetahui, apalagi melihat pari manta berwarna merah muda, Kak Kristian mengira kameranya rusak. Meskipun begitu, Kak Kristian tetap takjub melihat pari manta merah muda itu.

Ternyata, pari manta berwarna merah mudah ini bukan pertama kalinya dilihat oleh seseorang, lo. Tercatat, pari manta ini sudah terlihat kurang lebih sepuluh kali dan pertama kali terlihat di tahun 2015. Setelah terlihat untuk pertama kalinya, peneliti mulai melakukan penelitian pada pari manta unik ini pada 2016.

Awalnya, peneliti mengira warna merah muda pada pari manta ini berasal dari infeksi kulit atau makanan yang aneh. Misalnya seperti alga yang mengandung beta karoten dengan pigmen berwarna oranye kemerahan. Hal ini terjadi pada flamingo, yang menyebabkan bulunya berwarna cerah.

See Also

Dari penelitian yang dilakukan dengan cara mengambil sampel sedikit bagian kulit, akhirnya peneliti mengetahui penyebab warna merah muda pada kulit pari manta ini. Ternyatapari mantaini kemungkinan besar mengalami mutasi genetik pada tubuhnya dan berpengaruh padakulit. Pari mantaberkulitmerah mudaitu diduga mengalami eritrisme, yaitu suatu kondisi yang membuat hewan memiliki jumlah pigmen merah yang tinggi pada tubuhnya.

Akibatnya,pari mantaini punya warnakulityang lebih mencolok dibandingkan dengan pari lainnya yang ada di perairan tempatnya tinggal, nih. Karena warna kulitnya yang unik,pari mantadengan ukuran sekitar 3,3 meter ini diberi nama Inspector Closeau oleh penduduk sekitar.

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Terradorap.com © Copyright 2019 - All Rights Reserved. Nikmati Hari dengan Informasi Terbaru.
Scroll To Top