Now Reading
Bajak Laut Jerman yang Tengkoraknya Dipajang di Hamburg Museum Klaus Störtebeker

Bajak Laut Jerman yang Tengkoraknya Dipajang di Hamburg Museum Klaus Störtebeker

Avatar

Jerman selainterkenal akan keindahan alam atau kastil kunonya, jugaartefak peninggalan sejarahnya. Satu dari peninggalan bersejarah yang terkenal di Jerman berada di Hamburg Museum. Di Hamburg Museum, kamu akan menemukan satu koleksi yang cukup menyeramkan.

Yakni, tengkorak yang dipaku pada bagian atasnya milik seorang bajak laut abad ke 14 Klaus Störtebeker. Dalam beberapa versi, Klaus Störtebeker dikisahkan sebagai Robin Hood nya Jerman. Namun, sebenarnya kehidupan asli Klaus Störtebeker memang benar benar seperti bajak laut.

Yakni brutal, kejam, dan sangat mahir dalam pekerjaannya. Klaus Störtebeker memulai karirnya sebagai bagian dari kru Victual Brothers, sebuah kapal pribadi yang ditugaskan untuk membela Mecklenburg (sekarang Jerman bagian utara) dalam melawan kapal kapal dari Denmark. Namun seiring waktu berjalan, para kru tersebut beralih menjadi bajak laut reguler.

Di bawah seruan "God's friends and the whole world's enemies" atau "Tuhan adalah sahabat dan seluruh dunia adalah musuh," para kru tersebut mengambil apa pun, di mana pun, dan dari siapa pun yang mereka kehendaki. Mereka menjadi semacam ancaman sekaligus kutukan bagi Liga Hanseatic yang kaya, kelompok pengusaha yang mengendalikan perdagangan di Baltik. Pada 1401, Klaus Störtebeker dan anak buahnya berhasil ditangkap dan dibawa ke Hamburg untuk diadili atas kejahatan mereka.

Menghadapi eksekusi, legenda mengatakan Klaus Störtebeker membuat kesepakatan pada menit menit terakhir. Ia ingin menukarkan jumlah nyawa dari orang yang ditangkap sesuai dengan jumlah orang yang dilewati tubuh tanpa kepalanya. Ternyata, jumlah orang yang berhasil dilewati tubuh Klaus tanpa kepala adalah sebelas orang.

Seharusnya, sebelas orang itulah yang dibebaskan dari eksekusi, sesuai permintaan Klaus. Namun, pihak pengadilan mengingkari kesepakatan tersebut. Pengadilan mengeksekusi semua yang perompak yang tertangkap, jumlahnya sekitar 70 orang.

See Also

Setelah dieksekusi, kepala kepala perompak yang terputus dari badan mereka dipamerkan sebagai tanda peringatan mengerikan. Tengkorak yang diklaim milik Klaus Störtebeker berhasil digali selama konstruksi pada 1878, dan telah dipamerkan sejak 1922 di Hamburg Museum. Ketika tengkorak ini hilang pada 2010, kecurigaan mengarah pada komunitas gothic lokal hingga ke gang Hells Angels.

Sampai tulisan ini dibuat, kisah lengkap pencurian tersebut masih belum berhasil terungkap. Namun, tengkorak itu telah ditemukan dan dikembalikan ke Hamburg Museum dengan tindakan pencegahan keamanan yang baru dan lebih baik. Meskipun ditemukan di lokasi yang tepat, dan berasal dari akhir abad ke 14, tidak ada yang sepenuhnya yakin itu adalah tengkorak Klaus Störtebeker.

Sementara, upaya yang dilakukan pada 2004 untuk mencocokkan DNA dari tengkorak tersebut dengan keturunan Klaus Störtebeker juga terbukti tidak meyakinkan. Bagaimanapun juga, tidak ada seorang pun di Hamburg yang merasa ragu itu adalah tengkorak yang tepat. Di Hamburg Museum, tengkorak itu berada di dekat oleh patung kepala dan torso yang dibuat oleh pematung Elisabeth Daynes.

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Terradorap.com © Copyright 2019 - All Rights Reserved. Nikmati Hari dengan Informasi Terbaru.
Scroll To Top