Now Reading
Begini Fakta Sebenarnya di Balik Foto Ahok yang Menggunakan Seragam Petugas SPBU Sarkasme

Begini Fakta Sebenarnya di Balik Foto Ahok yang Menggunakan Seragam Petugas SPBU Sarkasme

Avatar

Basuki Tjahaja Purnama atau yang lebih dikenal dengan nama Ahok digadang gadang akan menjadi pemimpin BUMN, muncul foto BTP pakai seragam pertamina. Beredar fotoBasuki Tjahaja Purnamaatau lebih dikenalAhokmemakai baju petugas SPBUPertaminadi media sosial Instagram. Foto tersebut berasal dari akun Instagram @aganharahap pada Selasa (19/11/2019).

Hingga saat ini, foto tersebut telah disukai oleh 13.529 orang dan mendapat respons sebanyak 626 orang. Dalam keterangan foto itu, disebutkan bahwa pengunggah mendapatkan foto tersebut dari salah satu grup WhatsApp dengan kalimat: Sumber A1: Beliau tadi siang baru fitting seragam. INFO VALID!

Saat dihubungi Kompas.com , Selasa (19/11/2019), Agan Harahap mengakui bahwa foto tersebut merupakan foto editan. "Foto editan (yang dilakukan oleh Agan). Itu caption nya cuma ngikutin postingan postingan orang yang suka share di grup grup WhatsApp atau Facebook" kata Agan kepada Kompas.com . Menurutnya, keterangan foto yang ia cantumkan dalam unggahan tersebut adalah sebuah bentuk sarkasme.

Agan mengatakan, editan foto tersebut berkaitan dengan isu Ahok ditempatkan di Pertamina. "Semakin besar penolakannya, saya semakin yakin kalau Ahok memang tepat berada di sana," papar Agan. "Bangsa kita itu paling cepat kalau urusan urusan beginian.

Sedikit sedikit bikin dan sebar hoax , fitnah dan sebagainya tanpa yakin akan kebenaran dan akibatnya," sambungnya. Menurut Agan, banyak orang saat ini suka menyebarkan kabar atau berita yang sesuai dengan hatinya, meski belum tentu kebenarannya. Sebaliknya, mereka akan membuang jauh berita atau kabar yang bertentangan dengan hatinya.

Oleh karena itu, apa yang ia lakukan selama ini adalah sebagai respons atas kecenderungan warganet Indonesia dalam media sosial. "Apa yang saya lakukan selama ini adalah merespons social behaviour kita dalam hidup bermedsos," tutupnya. Diketahui, Agan Harahap beberapa kali telah melakukan editing foto terhadap beberapa tokoh politik Indonesia.

Sebelumnya ia juga pernah mengedit foto Ahok berada di antara dua wanita. Basuki Tjahaja Purnamaatau yang kerap disapaAhok, disebut sebut akan menjadi salah satu pimpinan atau bos di salah satuBUMN. Hal itu pun juga dibenarkan oleh Presiden Joko Widodo.

"Kita tahu kinerjanya Pak Ahok. Jadi, ini masih dalam proses seleksi," kata Jokowi seperti dikutip Kompas.com , Kamis (14/11/2019). Menilik ke belakang, pada 9 Mei 2017, Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Utara menjatuhkan vonis 2 tahun kepada mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut. Ahok terbukti secara sah dan menyakinkan telah melakukan tindak pidana penodaan agama.

Ahok pun akhirnya ditahan di Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok. Lantas, apakah bisa seorang mantan napi menjadi bos di perusahaan pelat merah? Juru Bicara Presiden Fadjroel Rahman mengatakan status Ahok sebagai mantan terpidana kasus penodaan agama tak menjadi halangan.

Menurut dia, yang terpenting Ahok tak pernah menjadi terpidana kasus dugaan korupsi. "Jadi kalau mau masuk BUMN bersih, di dalam bersih bersih dan keluar bersih. Begitu saja," ujarnya sebagaimana diberitakan Kompas.com (14/11/2019).

Sementara itu, mengacu UU No. 19/2003 tentang BUMN pasal 45 ayat (1), juga tidak ada persoalan terkait status mantan napi yang menjadi bos atau pimpinan di BUMN. Berikut bunyi pasal tersebut: "Yang dapat diangkat sebagai anggota Direksi adalah orang perseorangan yang mampu melaksanakan perbuatan hukum dan tidak pernah dinyatakan pailit atau menjadi anggota Direksi atau Komisaris atau Dewan Pengawas yang dinyatakan bersalah menyebabkan suatu perseroan atau Perum dinyatakan pailit atau orang yang tidak pernah dihukum karena melakukan tindak pidana yang merugikan keuangan negara".

Dari pasal tersebut, dapat diketahui bahwa yang dilarang menjabat sebagai calon direksi BUMN ialah seseorang yang pernah melakukan tindak pidana yang merugikan negara. Ahok memang benar pernah dihukum secara sah dan meyakinkan telah berbuat melanggar hukum. Namun, pelanggaran hukum yang dibuat oleh Ahok bukanlah merugikan keuangan negara.

Bakal jadi salah satu pimpinan BUMN, ini kisaran gaji Ahok, lebih tinggi dari Presiden Jokowi? Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok baru baru ini mengakui jika dirinya diminta untuk menjabat salah satu perusahaan BUMN di Indonesia. Dugaan kuat, Ahok bakal diminta menggantikan posisi Nicke Widyawati sebagai Dirut PT Pertamina.

Siap pimpin salah satuBUMN, segini kisarangajiyang nantinya akan diterimaAhok, bakal kalahkanJokowi! Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, mendatangi kantor Kemneterian BUMN pada Rabu 13 November 2019 untuk bertemu Erick Thohir. Dari pertemuan itu dikabarkan jikaAhokakan menjabat di salah salah satuBUMN.

"Saya cuma diajak masuk ke salah satu BUMN. Kalau untuk bangsa dan negara, saya pasti bersedia. Apa saja boleh, yang penting bisa bantu negara," ujarAhok. Namun, kabarnya Ahok akan menduduki Direktur Utama (Dirut) PT Pertamina (Persero) menggantikan Nicke Widyawati.

Menanggapi hal itu, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI, Luhut Binsar Pandjaitan tak masalah jikaAhokharus mengelola salah satuBUMN. Hal itu disampaikan Luhut Binsar Pandjaitan di Sentul International Convention Center, Bogor, Jawa Barat, Rabu 13 November 2019. "Ya kan dia kerjanya bagus, kerjanya boleh. Ya kita lihat saja ya," ujar Luhut Binsar Pandjaitan saat ditemui di sela Rapat Koordinasi Nasional Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda).

Luhut Binsar Pandjaitan mengaku tak tahu saat ditanyaBUMNmana yang nanti akan dipimpin olehAhok. "Ya enggak tahu, kita tunggu aja," lanjut dia mengatakan. Sementara itu, saat diminta tanggapannya secara terpisah, Staf KhususPresidenBidang KomunikasiFadjroelRachmanmengatakan,Ahokharus mundur dariPDIPjika mengisi posisi sebagai direksi atau komisaris diBUMN.

"Kalau pun beliau mau masuk keBUMNharus mengundurkan diri karenaBUMNitu ada surat semacam pakta integritas gitu, tidak boleh ikut dalam partai politik atau aktif dalam kegiatan politik," kataFadjroelRachmandi Kompleks Istana Kepresidenan,Jakarta, Rabu (13/11/2019). Sementara statusAhoksebagai mantan terpidana kasus penodaan agama, kataFadjroelRachman, tak menjadi halangan. Menurut dia, yang terpentingAhoktak pernah menjadi terpidana kasus dugaan korupsi.

Lebih lanjut,FadjroelRachmanyang jugaKomisarisUtamaPTAdhiKaryaitu menyebutkan,PresidenJokoWidodoatauJokowisejak awal menekankan agar jajarannya mengedepankan aturan dalam mengisi posisi diBUMN. "Jadi kalau mau masukBUMN, masuk bersih, di dalam bersih bersih dan keluar bersih. Begitu saja," ujarnya. Namun,FadjroelRachmanmengaku belum mengetahui penempatanAhokdiBUMN.

Ia meminta agar masalah posisiAhokdikonfirmasi langsung kepadaMenteriBUMNErickThohir. "Jadi lebih baik ditanyakan langsung kepada pihak Kementerian BUMN," tuturnya. Diberitakan sebelumnya,Ahokmendatangi kantor KementerianBUMNuntuk bertemuMenteriBUMNErickThohir, Rabu (13/11/2019).

See Also

Seusai bertemuErickThohir,Ahokmengungkapkan, pertemuan selama 1,5 jam tersebut membicarakan soal perusahaanBUMN. "Intinya banyak bicara soalBUMN, saya mau dilibatkan di salah satuBUMN, itu saja," ujarnya sebagaimana dikutip dari Antara. Kendati demikian, ia belum mengungkapkan lebih jauh jabatan maupun posisi yang akan didudukinya nanti.

"Saya cuma diajak masuk ke salah satuBUMN. Kalau untuk bangsa dan negara, saya pasti bersedia. Apa saja boleh, yang penting bisa bantu negara,"kataAhok, suami Puput Nastiti Devi. Jika kelakAhokdiangkat menjadi DirutPertaminaatau duduk di posisi komisaris, berapagajibakal diterima? Berdasarkan laporan kinerja keuanganPertaminapada 2018, disebutkan jika kompensasi untuk manajemen yang berupagajidan imbalannya untuk 17direksi dan komisaris mencapai 47,23 juta dollar AS atau setara Rp 671 miliar per tahun.

JikaRp 671 miliar dibagi kepada 17 orangdireksi dan komisaris, maka tiap orang menerima Rp 39 miliar setahun atauRp 3,25 miliar per bulan. Gaji direksiPertaminamengalahkangajidan tunjanganPresidenJokowisenilau Rp 62,74 juta per bulan sebagaimana diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 75 tahun 2000 tentang Gaji Pokok Pimpinan Lembaga Tertinggi Negara dan KeputusanPresidenNomor 68 Tahun 2001. Bandingkan pula dengangajipokok dan tunjanganGubernurDKIJakarta, jabatan yang pernah didudukiAhok, senilai RpRp 8,4 juta per bulan.

Namun, tak hanya itu, setiap bulanGubernur DKIJakartamendapatkan Biaya Penunjang Operasional (BPO) sebesar 0,13 persen dari Pendapatan Asli Daerah (PAD) berdasarkan PP Nomor 109 Tahun 2000. Setiap bulan, BPOGubernur DKIJakartamencapai miliaran rupiah. Berikut susunan direksi dan komisaris pada PTPertamina(Persero) pada saat ini:

Direksi Direktur Utama:NickeWidyawati Direktur Hulu: Dharmawan H Samsu

Direktur Pengolahan: Budi Santoso Syarif Direktur Pemasaran Korporat: Basuki Trikora Putra Direktur Pemasawan Retail: Mas'ud Khamid

Direktur Keuangan: Pahala N Mansury Direktur Logistik, Supply Chain, dan Infrastruktur: Gandhi Sriwidodo Direktur Megaproyek Pengolahan dan Petrokimia: Ignatius Tallulembang

Direktur Perencanaan Investasi dan Manajemen Risiko: Heru Setiawan Direktur Sumber Daya Manusia: Koeshartanto Koeswiranto Direktur Manajemen Aset : M Haryo Yunianto

Komisaris Komisaris Utama: Tanri Abeng WakilKomisarisUtama: Arcandra Tahar

Komisaris: Ego Syahrial, Gatot Trihargo, Suahasil Nazara, Alexander Lay.

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Terradorap.com © Copyright 2019 - All Rights Reserved. Nikmati Hari dengan Informasi Terbaru.
Scroll To Top