Now Reading
Bisa Jadi Gejala Penyakit Ini Penyebab & Cara Mengatasi Mata Kedutan Bukan Pertanda Dapat Rezeki

Bisa Jadi Gejala Penyakit Ini Penyebab & Cara Mengatasi Mata Kedutan Bukan Pertanda Dapat Rezeki

Avatar

Mata berkedut bukan pertanda dapat rezeki. Ini penyebab dan cara mengatasi mata berkedut. Bisa jadi gejala penyakit ini. Mitos di masyarakat mengatakan bahwa mata berkedut (kedutan) adalah pertanda seseorang akan mendapat rezeki. Padahal sebenarnya mitos tersebut tidaklah benar.

Ada alasan medis yang membuat mata berkedut. Lalu apa arti kondisi mata berkedut dari sisi medis? Simak ulasannya berikut ini dilansir dari .

Apakah kamu pernah mengalami kedutan? Kondisi ini umumnya digambarkan dengan perasaan berdenyut atau berkedut du area kelopak mata, bawah mata, hingga alis. Sensasi tersebut terjadi secara berulang ulang dan tidak terkendali.

Biasanya kamu akan mengalami mata berkedut di salah satu mata. Kondisi ini jarang terjadi pada kedua mata dalam waktu yang sama. Dalam dunia medis, kondisi mata berkedut dikenal dengan istilah mytokymia.

Sensasi mata berdenyut muncul karena disebabkan oleh syaraf kelopak mata di bagian atas atau bawah yang menegang dan kejang. Kondisi ini biasanya tidak menyebabkan rasa sakit. Namun, bisa jadi sangat mengganggu aktifitas kamu jika dialami cukup kuat, bahkan hingga menyebabkan kelopak mata sampai benar benar menutup dan membuka kembali.

Kafein tidak hanya terkandung di kopi. Banyak produk makanan dan minuman yang mengandung kafein, diantaranya adalah cokelat, teh, soda, dan minuman energi lainnya. Ketika kafein masuk ke tubuh, zat ini akan merangsang sistem saraf pusat, yaitu otak.

Sederhananya, jika kamu minum kafein di sore atau malam hari, kamu akan kesulitan tidur. Akibatnya, kamu kurang tidur dan kedutan bisa terjadi. Namun, bukan hanya itu saja penyebabnya.

Kafein yang diminum terlalu banyak juga bisa menyebabkan otot tubuh mengejang dan beresiko menimbulkan kedutan mata kiri atas atau sisi satunya. Seperti kafein, minuman beralkohol dan merokok juga merangsang otot pada tubuh kamu menjadi tegang. Alkohol mengandung kafein dan asap rokok mengandung ribuan zat kimia yang masuk ke tubuh.

Kemungkinan besar senyawa pada rokok dan alkohol bisa memicu terjadinya saraf kelopak mata menegang. Kombinasi asap rokok dan alkohol sangat tidak menyehatkan tubuh. Setelah seharian menggunakan mata untuk beraktifitas, kemungkinan mata kamu mengalami kelelahan.

Selain menyebabkan kantung mata membesar dan menghitam, kedutan pada mata juga bisa disebabkan karena kurang tidur dan kelelahan. Kondisi mata berkedut juga bisa disebabkan karena kamu mengalami stres. Stres kadang membuat kamu sulit tidur di malam harinya dan kelelahan pada mata akan semakin menumpuk dan memicu kedutan.

Kelelahan pada mata tidak hanya disebabkan karena kurang tidur. Terlalu lama menatap gadget bisa menjadi salah satu penyebab mata berkedut. Apalagi jika kondisi mata kering, risiko mata berkedut akan lebih besar.

Setiap malam menjelang tidur, tempelkan kompres air hangat pada mata yang berkedut. Jika kedutan masih berlangsung, coba untuk mengganti kompres air dengan air dingin setiap 10 menit sekali. Cara ini dapat mengurangi atau mencegah mata berkedut.

See Also

Namun, dengan catatan tindakan akupuntur atau pemijatan harus dilakukan oleh terapis yang profesional. Cara lainnya, kamu bisa melakukan pijatan sendiri. Cukup tekan dengan jari di area alis Anda dan pijat lembut dengan gerakan memutar selama beberapa menit untuk melemaskan otot otot mata.

Lalu, perlahan bergerak ke sisi luar mata, area bawah mata, dan bagian dalam mata. Jika kedutan disebabkan karena kurang tidur coba untuk tidur 10 15 menit lebih awal dari jadwal tidur normal. Begadang bisa memberatkan kerja kelopak mata.

Selain kopi dan teh, kurangi juga minuman energi dan obat penghilang nyeri. Alternatifnya, Anda bisa teguh air tonik, alias air kelapa. Air kelapa diklaim bisa melemaskan otot akibat kandungan quinine di dalamnya. Uap panas akan membuka dan membersihkan pori.

Caranya, tuangkan air panas dalam sebuah mangkuk, tutup kepala anda dengan handuk dan biarkan uap menghangatkan wajah anda. Coba juga tambahkan minyak esensial, seperti kayu putih, lavender, atau mawar yang juga efektif untuk melegakan otot yang menegang. Meskipun sangat jarang, kondisi mata berkedut bisa menjadi pertanda penyakit.

Biasanya kedutan yang menandakan penyakit akan diikuti oleh gejala lain pada tubuh. Kondisi atau penyakit yang menimbulkan gejala mata kedutan mata yang perlu diwaspadai antara lain Blepharospasm, Hemifical spasm, Bell's pallsy, Dystonia, Multiple Sclerosis.

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Terradorap.com © Copyright 2019 - All Rights Reserved. Nikmati Hari dengan Informasi Terbaru.
Scroll To Top