Now Reading
Bosan Dengan Bank Uang, Yuk Jaga Lingkungan Lewat Bank Sampah

Bosan Dengan Bank Uang, Yuk Jaga Lingkungan Lewat Bank Sampah

Avatar
Bosan Dengan Bank Uang, Yuk Jaga Lingkungan Lewat Bank Sampah

Bank sampah ini merupakan sebuah konsep pengumpulan sampah kering dan juga dipilah. Hal ini memiliki manajemen layaknya sebuah perbankan tapi yang ditabung itu bukan uang melainkan kumpulan sampah. Warga yang menabung disini juga disebut nasabah, memiliki buku tabungan dan juga bisa meminjam uang yang nantinya bisa dikembalikan dengan sampah seharga uang yang telah dipinjam.

Kumpulan sampah yang ditabung disini akan ditimbang dan juga dihargai dengan sejumlah uang. Nantinya sampah tersebut akan dijual di pabrik yang sudah bekerja sama. Sedangkan plastik kemasan akan dibeli oleh ibu-ibu PKK setempat untuk bisa didaur ulang menjadi berbagai barang kerajinan. Hal ini tentunya bertujuan untuk mencegah bisa menumpuknya sampah yang ada di Tempat Pembuangan Akhir atau biasanya disebut dengan TPA.

Tujuan Bank Sampah

Tujuan dengan dibangunnya bank ini sebenarnya bukan untuk sebuah keuntungan semata. Bank ini merupakan sebuah strategi untuk bisa membangun kepedulian masyarakat supaya bisa ‘berkawan’ dengan sampah. Hal ini untuk bisa mendapatkan berbagai manfaat ekonomi langsung dari kumpulan sampah tersebut.

Jadi, bank sampah ini tidak akan bisa berdiri sendiri melainkan harus bisa diintegrasikan dengan gerakan 3R. Sehingga berbagai manfaat langsung yang akan dirasakan tidak hanya ekonomi, namun dalam hal pembangunan lingkungan yang bersih, hijau dan juga sehat. Hal ini juga bisa membuat para nasabah yang telah bergabung dalam bank sampah memperoleh pengetahui seputar sampah.

Kumpulan sampah yang telah diberikan pada bank sampah itu mempunyai ketentuan-ketentuan khusus. Sampah tersebut harus plastik, bisa didaur ulang, dan juga tidak boleh sampah makanan. Dengan begitu, para nasabah harus pintar untuk memilah berbagai sampah. Bank ini juga bisa membantu perekonomian seseorang.

Seperti yang sudah dibahas di atas, bahwa Anda bisa untuk meminjam uang melalui bank sampah dan juga membayarnya dengan sampah yang telah dikumpulkan. Bank ini juga bisa untuk memperdayakan orang-orang yang ada di sekitar untuk bisa mengolah sampah menjadi sebuah kerajinan tangan dan pada akhirnya sampah tersebut menjadi benda yang sangat berguna.

Manfaat Bank Sampah

Manfaat dari bank sampah ini yaitu bisa dijadikan sebuah solusi untuk bisa mencapai pemukiman yang bersih dan juga nyaman bagi warganya. Dengan begitu lingkungan yang telah menjadi tempat tinggal akan terjauh dari berbagai macam bakteri dan juga kuman yang bisa membuat sakit. Lingkungan akan lebih terasa sehat dan juga nyaman untuk Anda tinggali. Hal ini karena orang-orang akan menjadi tertib untuk bisa memilah sampah yang nantinya akan akan ditabungkan lewat bank ini.

See Also

Proses dan Cara Kerjanya

Sama seperti halnya di bank-bank penyimpanan uang, maka para nasabah dalam hal ini masyarakat juga bisa langsung datang ke bank untuk menyetor sampah. Bukan uang yang di setor, tapi kumpulan sampah yang akan disetorkan. Sampah tersebut nantinya akan di timbang dan juga di catat di buku rekening oleh petugas bank. Dalam bank ini, maka nantiada yang di sebut dengan tabungan sampah.

Hal ini merupakan sebuah cara untuk bisa menyulap sampah menjadi uang. Dalam hal ini sekaligus juga menjaga kebersihan lingkungan dari berbagai sampah khususnya plastik sekaligus bisa untuk dimanfaatkan kembali atau reuse.

Biasanya di Bank Sampah ini berbagai kumpulan ini akan di manfaatkan kembali dalam berbagai berbagai bentuk. Seperti halnya tas, dompet, tempat tisu, dan lain sebagainya. Syarat sampah yang bisa di tabung yaitu yang rapi dalam hal pemotongan, selain itu juga kumpulan sampah tersebut harus dicuci terlebih dahulu. Disini Anda juga harus menyetorkan sampah tersebut minimal 1 kg.

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Terradorap.com © Copyright 2019 - All Rights Reserved. Nikmati Hari dengan Informasi Terbaru.
Scroll To Top