Now Reading
Cara Melatih Perkembangan Motorik Kasar Anak yang Wajib Bunda Tahu

Cara Melatih Perkembangan Motorik Kasar Anak yang Wajib Bunda Tahu

Avatar
Cara Melatih Perkembangan Motorik Kasar Anak yang Wajib Bunda Tahu

Sudah menjadi kewajiban Bunda untuk mengetahui pertemumbuhan dan perkembangan si kecil, salah satunya mengenai perkembangan motorik kasarnya. Perkembangan motorik ini adalah kemampuan anak untuk melakukan aktivitas fisik yang mengandalkan gerakan tubuh yang melibatkan otot besar, seperti tangan, perut, dan kaki. Contoh dari gerakan motorik kasar antara lain melompat, berjalan, berlari, melemoar dan menangkap benda, dan lain-lain.

Keterampilan motoris anak ini sangat penting dalam membantu aktivitas sehati-hari dan merawar diri. Selain itu, keterampilan motoris kasar ini juga mempengaruhi kemampuan anak lainnya misalnya kemampuan anak untuk duduk tegak akan mempengaruhi kemanpuan motorik halusnya sepertti menulis, menggambar, atau menggunting. Dalam arti lain, kerrampilan motoris kasar ini akan menunjang proses pendidikan anak. Tanpa keterampilan motoris ini, anak akan kesikitan melakukan activity daily living nya seperti makan, buang air kecil, dan lain-lain.

Mengingat begitu pentingnya keterampilan motorik anak ini, Maka sebaiknya Bunda membantu Anak untuk mengasah keterampilan ini sejak dini. Bunda dapat melatih keterampilan ini sambil mengajak anak bermain. Masih bingung? Simak cara-caranya dalam ulasan berikut:

Melakukan Tummy Time

Tummy time ini adalah keadaan bayi yang sedang tengkurap, dimana Anak akan memusatkan tumpuannnya pada perut sambil melakukan hal-hal disukai. Tummy time ini dapat memperkuat otot punggung dan leher bayi. Bunda dapat ikut melakukan tummy time dengan anak sambil memegang mainan serta membuat suara-suara yang menbuat Anak senang melakukan aktivitas ini.

Mengajak Anak Menoleh

Jika Anak sudah bisa mengangkat kepala, cobalah untuk merangsamg mereka memurar kepalanya juga. Cara yang bisa dilakukan Bunda adalah dengan berkeliling ruangan sambil membawa mainan atau suara-suara yang disukai anak, atau memanggil namanya agar ia menolehkan kepalanya ke arah kita.

Mengajarkan Anak Duduk

Aktivitas ini dapat dilakuan ketika Anak sudah mulai bisa mengangkat kepala. Bunda bisa mengarkan anak untuk duduk dengan cara mengajak anak duduk bersandar pada bantal. Latihan ini akan membantu anak memperkuat otot perut dan punggungnya.

Mengajak Anak Bermain Bola

Aktivitas bermain menggunakan bola dapat dilakukan untuk melatih motorik kasar anak. Bunda dapat mengajak si kecil bermain tangkap meneroma bola, misalnya bunda menggelindingkan bola lalu anak akan menggelindingkannya kembali, bisa juga bunda menyiapkan bola agar dipegang oleh si kecil. Aktivitas ini akan memperkuat otot-otot motorik anak.

Mengajak Anak Menyusun Menara Balok

Bunda dapat melatih kemampuan motoris anak dengan permainan menara balok. Cukup siapkan mainan balok yang bisa disusun, kemudian susunlah menara dari balok tersebut dan biarkan si kecil merobohkannya. Aktivitas ini selain melatih kemampuan motoris, juga melatih otak anak.

Melatih Anak Berdiri

Aktivitas motorik kasar ini dapat dilakuakan jika Anak sudah mencapai usia 4-7 bulan. Bunda dapat membantu anak memposisikan badannya dalam sikap berdiri. Kegiatan ini akann membantu anak mengenali fungsi tubuhnya terutaman bagian kaki, serta menpersiapkan si kecil untuk berjalan.

See Also

Mengajak Anak Bermain Labirin

Aktivitas motoris ini dapat dilakukan setelah anak mulai merangakak. Bunda dapat membuat labirin dari bantal, kardus, atau barang-barang lainnya sebagai arena merangkak si kecil. Permainan ini akan merangsang anak menggerakan otot-ototnya.

Memberi Anak Finger Food

Jika anak sudah mulai mengonsumsi makanan pendamping ASI, cobalah untuk menyiapkan finger food seperti buah potong, biskuit, atau snack yang mengharuskan anak memakai jari-jarinya. Disini Bunda dapat melatih anak mengambil makannnya menggubakan jari tangan.

Mengajak Anak Bermain Dorong-dorongan

Aktivitas motorik ini dapat dilakukan saat anak mulai belajar berjalan agar kemanpuan berjalannya terasah. Bunda dapat melatih motoris anak melakui permainan dorong benda, misalnya gakon ait kosong, mobil-mobilan, dan lain-lain.

Itulah beberapa cara yang dapat dilakukan Bunda untuk melatih perkembangan motorik kasar Anak, sempga bermanfaat!

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Terradorap.com © Copyright 2019 - All Rights Reserved. Nikmati Hari dengan Informasi Terbaru.
Scroll To Top