Now Reading
Doa Rasulullah Muhammad SAW Tiap Jumat Pagi dan 8 Keistimewaan Hari Jumat

Doa Rasulullah Muhammad SAW Tiap Jumat Pagi dan 8 Keistimewaan Hari Jumat

Avatar

Selamat datang hari Jumat! Inilah doa Rasulullah, Nabi Muhammad SAW tiap Jumat pagi dan 8 keistimewaan hari Jumat, menurut Islam. Inilah doa yang dipanjatkan Rasulullah, Nabi Muhammad SAW di tiap hari Jumat pagi. Begitu istimewanya hari Jumat, maka hari ini disebut sebagai sayidul ayyam atau rajanya hari.

Karena itu, apapun ibadah yang dilakukan di hari Jumat mendapat kekhususan nilai ibadah dari Allah SWT. Begitu istimewanya, maka menjalani aktivitas pada hari Jumat harusnya juga dengan cara istimewa. Dan inilah doa yang dibacakan Rasulullah, Nabi MuhammadSAW tiap Jumat pagi.

Artinya: Aku memohon ampun kepadaAllahyang tiada Tuhan selain Dia Yang hidup kekal serta terus menerus mengurus (makhluk), dan aku bertobat kepada Nya." Dalam ajaranIslam, semua hari adalah baik.

Akan tetapi ada satu hari yang di yang mempunyai kemuliaan dan keutamaan tersendiri karena di hari itu juga memiliki nilai historis dalam sejarah islam. Hari tersebut adalah hari Jum'at, menurut kalender hijriah, jum'at adalah hari yang keenam dalam satu pekan. Dari Abu Hurairah RA dari Nabi SAW beliau bersabda:

"Sebaik baik hari yang matahari terbit padanya (hari cerah) adalah hari Jum’at, (karena) pada hari ini Adam diciptakan, hari ini pula Adam dimasukkan ke dalam surga dan dikeluarkan darinya, dan tidaklah akan datang hari kiamat kecuali pada hari Jum’at." (HR Muslim). Abu Hurairah berkata Rasulullah SAW bersabda: "Sesungguhnya di hari Jum'at terdapat satu waktu yang mustajab bila seorang hamba muslim melaksanakan shalat dan memohon sesuatu kepada Allah pada waktu itu, niscaya Allah akan mengabulkannya. Rasulullah SAW mengisyaratkan dengan tangannya menggambarkan sedikitnya waktu itu" (HR. Muttafaq Alaih)

Seorang ulama' ternama, Ibnu Qayyim Al Jauziah mengatakan bahwa waktu yang mustajab itu ada versi, sebagaimana ditunjukan dalam banyak hadits yang shohih, pertama saat duduknya khatib sampai selesainya shalat. Kedua, sesudah Ashar, dan ini adalah pendapat yang terkuat dari dua pendapat tadi" (Zaadul Ma’ad Jilid I/389 390). Ibnu Qayyim menambahkan: "Sadekah pada hari itu dibandingkan dengan sedekah pada enam hari lainnya ibarat sadekah pada bulan Ramadhan dibandingkan dengan bulan bulan lainnya. Salman Al Farisi berkata, Rasulullah SAW bersabda:

See Also

"Barang siapa yang mandi pada hari Jum'at, bersuci sesuai kemampuan, merapikan rambutnya, mengoleskan parfum, lalu berangkat ke masjid, dan masuk masjid tanpa melangkahi diantara dua orang untuk dilewatinya, kemudian shalat sesuai tuntunan dan diam tatkala imam berkhutbah, niscaya diampuni dosa dosanya di antara dua Jum’at". (HR. Bukhari). Aus bin Aus berkata: Rasulullah SAW bersabda: "Siapa yang mandi pada hari Jum’at, kemudian bersegera berangkat menuju masjid, dan menempati shof terdepan kemudian dia diam, maka setiap langkah yang dia ayunkan setara dengan pahala puasa dan shalat selama satu tahun, dan itu adalah hal yang mudah bagi Allah”. (HR. Ahmad dan Ashabus Sunan, dinyatakan shahih oleh Ibnu Khuzaimah).

Sahabat Anas bin Malik ketika mengomentari ayat: Dan Kami memiliki pertambahannya (QS.50:35) mengatakan: "Allah menampakkan diri pada mereka setiap hari Jum’at". Ibnu Abbas berkata, Rasulullah SAW bersabda:

"Hari ini adalah hari besar yang Allah tetapkan bagi umatIslam, maka siapa yang hendak menghadiri shalat Jumat hendaklah mandi terlebih dahulu." (HR. Ibnu Majah). Diriwayatkan oleh Ibnu Amru, bahwa Rasulullah SAW bersabda: "Setiap muslim yang mati pada siang hari Jum’at atau malamnya, niscaya Allah akan menyelamatkannya dari fitnah kubur". (HR. Ahmad dan Tirmidzi). (*)

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Terradorap.com © Copyright 2019 - All Rights Reserved. Nikmati Hari dengan Informasi Terbaru.
Scroll To Top