Now Reading
Gigi Nyut-nyutan Banget, Ngilu! Ternyata Infused Water, Minuman yang Ngehits Itu Bisa Jadi Pemicu

Gigi Nyut-nyutan Banget, Ngilu! Ternyata Infused Water, Minuman yang Ngehits Itu Bisa Jadi Pemicu

Avatar

— Rasa ngilu pada gigi sampai terasa nyut nyutan, kadangkala mengganggu aktivitas kita. Pernahkah kamu mengalami gigi yang sangat ngilu ssaat mengonsumsi makanan dingin atau asam ? Itu pertanda adanya keluhan gigi sensitif.

Apa penyebab gigi sensitif? Dokter Gigi, Drg. Ratu Mirah Afifah menyebutkan secara garis besar ada dua yang menyebabkan terjadinya gigi sensitif adalah abrasi gigi dan erosi gigi. Abarasi gigi ini terjadi karena kebiasaan cara menyikat gigi yang salah sehingga dentin gigi terbuka yang menyebabkan gigi ngilu.

Contoh cara menyikat gigi yang salah adalah menyikat gigi bolak balik gigi atas ke gigi bawah. Lalu cara yang benar adalah, saat menyikat bagian atas cukup pada bagian atasnya saja, jangan dibolak balik atas bawah terus menerus. “Orang kadang atas bawah padahal itu salah satu kali jalan aja. Karena ketika kita bolak balik gini nanti kan gusinya potensi resesi,” kata drg. Ratu Mirah di Sensitive Expert Talks by Pepsodent, di Jakarta Pusat, Selasa (9/4/2019).

Dengan menggosok gigi yang benar selain mengantisipasi gigi sensitif juga dapat mengurangi penyakit pada gusi dan gigi berlubang. Maka dari itu Drg. Mirah juga menyarankan agar memilih sikat gigi dengan bulu halus dan bagian kepala sikat gigi yang kecil agar bisa menjangkau hingga bagian ujung gigi. “Lalu gunakan sikat gigi dengan bulu halus dan kepala sikat yang kecil ya, jadi sikat giginya bersihkan ke tempat yang susah dijangkau, diujung ujung gigi,” papar drg. Ratu Mirah.

See Also

Sedangkan erosi gigi karena makanan yang mengandung asam tinggi. Lantas, bagaimana mengurangi erosi gigi saran dari drg. Mirah adalah mengurangi konsumis makanan atau minuman yang asam dan terlalu manis seperti misalnya soda, jus, maupun infused water yang saat ini sedang hits. Kemudian saat meminum jenis minuman yang mengandung asam tinggi itu gunakan sedotan sehingga tidak langsung mengenai gigi, dan setelah minum yang manis dan asam netralkan dengan air putih.

“Kurangi yang asam dan terlalu manis, soda juga karena tinggi acid dan gulanya, infused water, jus. Tetap yang bagus air putih ketika mau minum yang kadar asamnya tinggi jangan langsung tapi pakai sedotan,” pungkas drg. Ratu Mirah.

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Terradorap.com © Copyright 2019 - All Rights Reserved. Nikmati Hari dengan Informasi Terbaru.
Scroll To Top