Now Reading
Hoaks Tentang Kesehatan Lebih Berbahaya Ketimbang Masalah Kesehatan

Hoaks Tentang Kesehatan Lebih Berbahaya Ketimbang Masalah Kesehatan

Avatar

Berita palsu atau hoaks terus meningkat terlebih dengan adanya wabah virus corona (COVID 19) yang menjadi kewaspadaan dunia. Biasanya berita hoaks ini menyebar melalui pesan berantai atau broadcast message di whatsApp maupun dari sosial media yang kebanyakan ditemukan di Facebook. Dr. Mahesa Paranadipa M, M.H, Ketua Umum DPP Masyarakat Hukum Kesehatan Indonesia (MHKI) menyebutkan orang mudah percaya dengan hoaks karena seseorang mudah dipengaruhi pikirany sendiri.

Sehingga hoaks bisa berdampak lebih parah dibandingkan masalah kesehatan itu sendiri karena banyak kabar tidak benar yang dicerna. "hoaks kesehatan itu dampaknya lebih parah dari masalah kesehatan itu sendiri. Orang jadi lebih mudah percaya informasi informasi yang tidak jelas kebenarannya, dibanding berkonsultasi lansung dengan ahlinya," ungkap dr. Mahesa di kawasan, Jakarta Pusat, Sabtu (29/2/2020). Oleh karena itu agar tidak mudah percaya hoaks penting untuk melatih diri menilai informasi seperti hati hati dengan judul yang provokatif, dan jika berasal dari situs internet perhatikan kebenaran virus.

Kemudian setelah mendapatkan informasi jangan lupa periksa dulu kebenarannya dan jika informasi yang didapatkan berupa foto cek keaslian foto tersebut. Terakhir dr. Mahesa menjelaskan untuk mencegah hoaks bisa juga bergabung dengan grup grup anti hoaks sekaligus untuk menambahkan edukasi. "Melawan hoaks harus dilatih. Kita harus membiasakan diri mencari sumber yang valid," pungkas dr. Mahesa.

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Terradorap.com © Copyright 2019 - All Rights Reserved. Nikmati Hari dengan Informasi Terbaru.
Scroll To Top