Now Reading
Ingin Sehat dan Umur Panjang? Coba Biasakan Olahraga Lari 5 Menit Sehari

Ingin Sehat dan Umur Panjang? Coba Biasakan Olahraga Lari 5 Menit Sehari

Avatar

Olahraga lari bukan hanya menyehatkan, tapi juga bisamembuat Anda panjang umur. Huffpost.commengutip sebuah studi diJournal of American College of Cardiologymenunjukkan bahwaberlarilima menit sehari dapat meningkatkan kesehatan dan umur hampir sebanyak 150 menit seminggu. Lebih jelasnya, berikut manfaat yang didapat dari rutin berlari 5 menit setiap hari:

Penyakit kardiovaskular adalah penyebab utama kematian di Amerika Serikat. Menyisihkan waktu lima menit per hari untuk berolahraga aerobik sedang dapat mengurangi risiko kematian bahkan sampai 50%. Sebuah studi yang meneliti lebih dari 55.000 orang dewasa, mengamati kebiasaan olahraga mereka selama 15 tahun.

Dari studi itu ditemukan bahwa orang yang cukup aktif bergerak justru memiliki hati dan paru paru yang lebih kuat. Studi yang sama juga menemukan bahwa risiko seseorang meninggal karena sebab apa pun berkurang hampir sepertiganya, jika ia berolahraga kurang dari 51 menit per minggu, dibandingkan dengan orang yang tidak berolahraga sama sekali. Olahraga tidak hanya dapat mengurangi risiko kematian, tetapi juga dapat meningkatkan kemungkinan hidup.

Dari sampel 55.000 yang berpartisipasi dalam studi yang disebutkan di atas, mereka yang berolahraga secara teratur hidup rata rata tiga tahun lebih lama. Mengingat kebugaran kardiovaskular yang meningkat seiring dengan olahraga, seharusnya tidak mengejutkan bahwa berolahraga secara teratur akan meningkatkan tekanan darah. Para peneliti menerbitkan studi tentang latihan interval aerobik yang mengurangi tekanan darah dan meningkatkan fungsi miokard pada pasien hipertensi yang diterbitkan dalam European Journal of Preventative Cardiology.

Studi ini menunjukkan bahwa semakin banyak olahraga jantung, hal tersebut semakin baik dalam mengatur tekanan darah. Tekanan darah yang sehat mengurangi risiko serangan jantung dan stroke. Ketika tubuh Anda terlalu sensitif terhadap penurunan dan kenaikan gula darah, Anda bisa berisiko lebih tinggi terkena diabetes.

Diabetes membunuh lebih dari 71.000 orang setiap tahun di Amerika Serikat saja. Penelitian dari Kowsar Medical Institute menunjukkan bahwa berlari secara teratur dapat membantu mengurangi sensitivitas gula darah bahkan pada orang yang sudah menderita diabetes. Berlari terbukti dapat meningkatkanmoodsetelah kita melakukannya.

See Also

Bayangkan jika Anda bisa rutin berlari selama lima menit setiap pagi, hal tersebut dapat meningkatkan kemungkinan bahwa Anda akan berada dalam suasana hati yang menyenangkan sepanjang hari. Olahraga yang teratur dapat meningkatkan kualitas tidur daripada pil tidur sekalipun, dan bahkan tanpa adanya efek samping. Sebuah studi tahun 2012 tentang lari pagi setiap hari, yang diterbitkan dalamJournal of Adolescent Health, menemukan bahwa lari pagi setiap hari menyebabkan tidur yang lebih baik secara signifikan pada sekelompok remaja yang sehat.

Sebuah studi yang diterbitkan dalamBritish Journal of Psychiatry, menunjukkan bahwa rutin berlari dapat meningkatkan fungsi mental, terutama ketika belajar. Maka dari itu, kini beberapa sekolah mulai menerapkan olahraga di pagi hari untuk meningkatkan kemampuan anak dalam belajar.

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Terradorap.com © Copyright 2019 - All Rights Reserved. Nikmati Hari dengan Informasi Terbaru.
Scroll To Top