Now Reading
Ini Deret Makanan yang wajib Dijauhi Vidi Aldiano Ginjalnya Tersisa Satu Usai Operasi Kanker

Ini Deret Makanan yang wajib Dijauhi Vidi Aldiano Ginjalnya Tersisa Satu Usai Operasi Kanker

Avatar

Usai menjalani operasi pengangkatan kanker ginjal, penyanyi Vidi Aldiano kini hanya bertahan dengan satu ginjal. Meski proses penyembuhan operasi ginjal berjalan dengan baik, pelantun tembang "Status Palsu" itu masih merasakan nyeri di area tubuh yang di operasi. "Ini udahan bisa berdiri, udahan bisa jalan jalan, walaupun masih ada sakit di bagian pas operasi," ungkap Vidi Aldiano.

Menurutnya saat ini ia sedang menjaga pola makan dengan menghindari makanan pemicu kanker seperti mengurangi makanan manis. "Tapi aku tahu kayak penyakit orang orang cancer enggak boleh terlalu banyak makan manis," katanya. Vidi juga mengatakan bahwa kini ia mengurangi makan daging karena ginjalnya hanya ada satu.

"Ini ginjal tinggal sebelah ini, jadi kayak harus menjaga ginjalnya satu lagi, harus mengurangi daging," ujar Vidi Aldiano. Melihat kondisi Vidi Aldiano tersebut, makanan memang memiliki pengaruh yang sangat besar dalam kesehatan ginjal. Seperti kita ketahui ginjal merupakan salah satu organ tubuh yang memiliki tugas yang cukup berat.

Seperti menyaring darah, menjaga kadar air dalam tubuh, juga melepaskan hormon penghasil sel darah merah, menjaga kekuatan tulang, sampai menjaga tekanan darah. Jika semua makanan yang dikonsumsi sembarang tentu akan berisiko tinggi merusak ginjal itu sendiri. Apalagi jika kondisi kita seperti Vidi Aldiano yang bertahan hidup hanya dengan satu ginjal.

Pastinya pantangan asupan makanan yang akan dikonsumsi menjadi lebih banyak lagi. Terlebih makanan sehat pun ada yang dilarang untuk dikonsumsi bagi mereka yang memiliki ginjal yang tidak sehat. Dilansir dari situs Health & Human Research, berikut makanan sehat yang bisa merusak ginjal selain daging dan makanan manis yang disebut Vidi Aldiano diatas.

Kandungan garam, yakni sodium diketahui bekerja sama dengan potassium untuk menjaga kadar air pada tubuh, yang merupakan fungsi dari ginjal. Sayangnya kebanyakan mengonsumsi sodium ini membuat ginjal justru menghalau air yang seharusnya mencairkan garam pada aliran darah. Buah yang satu ini memang dikenal sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh dan sering dikonsumsi saat menjalani program diet.

Tapi tahukah alpukat ternyata memiliki kadar potassium yang tinggi. Potasium bertugas untuk menjaga kadar air, elektrolit, serta tingkat keasaman (pH). Ginjal memerlukan kadar potassium yang pas untuk bisa bekerja dengan baik.

Jika kadar potassium berlebihan, maka ginjal tidak akan berfungsi dengan baik. Selain itu mengonsumsi alpukat berlebihan bisa menyebabkan pusing, lemah, mati rasa, dan tekanan darah rendah. Dibalik manfaatnya yang bisa menyuburkan, Kacang kacangan nyatanya bisa buruk bagi kesehatan ginjal.

See Also

Diketahui kacang kacangan memiliki kandungan mineral bernama oxalate, yang ditemukan pada banyak batu ginjal. Kafein Kafein dalam kopi bisa menjadi andalan untuk meningkatkan konsentrasi dan mengusir rasa kantuk.

Tapi perlu diketahui kafein itu layaknya soda yang sama membahayakan terutama bila kita memiliki penyakit pada ginjal. Studi menyebutkan bahwa konsumsi kafein dalam jangka waktu lama bisa menyebabkan sakit kronis pada ginjal, dan meningkatkan risiko batu ginjal. Kafein bersifat deuretik, yang berarti memiliki efek pada kemampuan ginjal untuk menyerap air.

Produk susu memiliki banyak kandungan yang menyehatkan bagi tubuh seperti protein yang tinggi, kaya asam folat dan kalsium. Sayang ketika produk susu dikonsumsi berlebihan ternyata dapat menyebabkan batu ginjal. Bagi mereka yang memiliki penyakit ginjal, adabaiknya untuk mengurangi produk yang mengandung susu ini.

Itulah beberapa asupan makan menyehatkan yang ternyata dapat merusak ginjal.(*)

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Terradorap.com © Copyright 2019 - All Rights Reserved. Nikmati Hari dengan Informasi Terbaru.
Scroll To Top