Now Reading
Ini Penjelasan Dokter Perlukah Konsumsi Suplemen Vitamin C Jika Tubuh Sehat

Ini Penjelasan Dokter Perlukah Konsumsi Suplemen Vitamin C Jika Tubuh Sehat

Avatar

Vitamin C di pasaran banyak diburu masyarakat untuk menjaga kebugaran tubuh guna mencegah masuknya virus ke dalam tubuh di saat covid 19 mewabah seperti sekarang. Dokter spesialis penyakit dalam dan vaksinolog Omni Hospitals Pulomas, dr. Dirga Sakti Rambe mengatakan kalau kondisi tubuh sehat tidak perlu tambahan vitamin c. Penuhi kebutuhan vitamin yang dibutuhkan dengan sumber vitamin asli yang terdapat pada sayur dan buah buahan saja.

"Setiap hari wajib sayur dan buah gak perlu vitamin tapi kalau badan dalam kondisi tertentu, badan tidak fit ya bisa dalam 3 sampai 5 hari minum suplementasi," kata dr. Dirga saat live instagram bersama Gue Sehat, Senin (14/3/2020). Dr. Dirga juga kembali mengingatkan jika mengonsumsi vitamin c harus sesuai dosisnya yakni 90 mg bagi yang kondisi tubuhnya sehat. Kalau vitamin c yang dikonsumsi berlebihan akan jadi percuma saja, karena akan dikeluarkan tubuh saat buang air kecil.

"Kalau kelebihan vitamin c dibuang lewat urin jadi lebih baik perbanyak sayur buah saja karena vitamin gak jangka panjang," ungkap dr. Dirga. Senada, dokter spesialis gizi klinik dr. Diana F. Suganda menyebutkan menyebutkan vitamin c cukup 90 mg per hari. Kemudian saat tubuh terasa drop mulai muncul flu sedikit naikan dosis vitamin c yang dikonsumsi menjadi 500 mg tapi tidak usah tiap hari cukup dua hari sekali saja.

"Kalo saat lagi drop sekitar kita lag ada yg flu, Vit C nya bisa 500 mg," ungkap dr. Diana. Vitamin C memang baik untuk tubuh karena mampu menambah kekebalan tubuh menghadang virus dan dan bakteri yang akan masuk dalam tubuh. Dr. Reisa Broto Asmoro menyebutkan untuk mendapatkan vitamin C bisa didapatkan dengan mengonsumsi sayur dan buah buhan yang tidak hanya mengandung vitamin c tapi vitamin lain yang dibutuhkan oleh tubuh.

See Also

"Vitamin bisa didapatkan dari buah dan sayur itulah sebabnya perlu makan buah setiap hari bahkan porsi sayur sama kaya porsi karbohidrat dan porsi buah harus dibedakan dengan sayuran. Porsi buah sama banyaknya sama dengan lauk," pungkas dr. Reisa.

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Terradorap.com © Copyright 2019 - All Rights Reserved. Nikmati Hari dengan Informasi Terbaru.
Scroll To Top