Now Reading
Jalur Patakbanteng Terlalu Ramai? Coba Mendaki Gunung Prau via Dworowati

Jalur Patakbanteng Terlalu Ramai? Coba Mendaki Gunung Prau via Dworowati

Avatar

Gunung Prau yang terletak di Dieng, Wonosobo, Jawa Tengah, menjadi salah satu yang cukup populer bagi para pendaki. Dengan ketinggian mencapai 2.565 mdpl, Gunung Prau menyajikan pemandangan puncak yang sangat memesona. Terdapat beberapa jalur pendakian Gunung Prau, namun yang paling tenar adalah Patakbanteng.

Tak heran jika jalur pendakian ini selalu ramai, terlebih saat akhir pekan. Jika jalur Patakbanteng terlalu ramai, traveler bisa mendaki Gunung Prau via jalur Dworowati. Pendakian Gunung Prau via Dworowati memakan waktu sekitar 2,5 hingga tiga jam.

Menurut penuturan Mufid, pengelola basecamp pendakian Gunung Prau via Dworowati, kelebihan melalui jalur Dworowati adalah jalurnya lebih landai. “Kelebihan jalur Dworowati, jalurnya landai, pengelolanya ramah ramah, dengan jalur Dieng beda 1 km,” ungkapnya kepada Kompas.com. Selain landai, jalur Dworowati memiliki kondisi trek berupa undak undakan tanah yang sudah ditata.

Meski begitu, persiapan fisik tetap diperlukan untuk mendaki Gunung Prau via Dworowati. Terlebih di saat cuaca ektrem seperti saat ini, di mana suhu udara bisa kurang dari 0 derajat celsius. Untuk mendaki Gunung Prau via jalur Dworowati, traveler bisa memulainya dari basecamp Dworowati yang berlokasi di Dieng Kulon.

Jika traveler datang dari Jakarta, bisa menggunakan kereta dan turun di Stasiun Purwokerto. Kereta api rute Stasiun Senen Stasiun Purwosari paling murah dibanderol dengan harga Rp 67 ribu. Selanjutnya perjalanan dilanjutkan menuju Wonosobo menggunakan bus dari Terminal Purwokerto dengan tarif Rp 25 ribu.

See Also

Namun jika menggunakan bus, sebaiknya traveler memilih rute Jakarta Wonosobo. Sesampainya di Terminal Wonosobo, pilihlah mikro bus menuju Dieng. Tarifnya cukup terjangkau, dari Wonosobo menuju Dieng dipatok tarif Rp 15 ribu.

Selanjutnya traveler bisa turun di pertigaan Dieng, dekat Terminal Dieng. Dari sana traveler bisa menuju basecamp Dworowati dengan menyewa jasa ojek.

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Terradorap.com © Copyright 2019 - All Rights Reserved. Nikmati Hari dengan Informasi Terbaru.
Scroll To Top