Now Reading
Jangan Sembarangan Sunatkan Anak, Ada Kondisi Tertentu yang Disarankan Untuk Menundanya

Jangan Sembarangan Sunatkan Anak, Ada Kondisi Tertentu yang Disarankan Untuk Menundanya

Avatar

Banyak orangtua mengajak anaknya menjalani sirkumsisi atau sunat di saat libur sekolah seperti libur sekolah di bulan Juli ini. Dokter Spesialis Bedah Anak,dr. Yessi Eldiyani, Sp. BA dariRS Pondok Indah – Bintaro Jaya berpendapat, ada beberapa kondisi pada anak yang tidak direkomendasikan untuk melakukan sunat dini. Pertama, anak tidak bisa sunat jikamemiliki kondisi medis tertentu seperti adanyahipospadiadan penyakit yang berhubungan dengan darah.

Hipospadiaadalah kondisi penisanakseakan akan telahdisunat aliaskondisi lubang uretra atau lubang kencing yang tidak normal yakni berada di bawah penis. Sementara itu epispadia berkebalikanletaknyadenganhipospadia yakni lubang uretranya terletak di atas penis. “Pasien juga tidak dapatmelakukantindakansirkumsisi apabila memiliki kelainan pembekuan darah, seperti hemofilia dan anemia aplastik,” ungkap dr. Yessy Eldiyani melalui keterangan tertulisnya, Kamis (4/7/2019).

Dr. Yessy menyarankan agar sunat dilakukan oleh dokter spesialis bedah di rumah sakit agar mendapatkan penanganan sunat yang tepat sesuai dengan kondisi tubuh. “Sehinggaapabiladitemukanadanyakelainanorganataukondisimedistertentu,dokterdapatmemberikan penjelasandanpenangananyanglebihtepat,” kata dr. Yessy. Saat ini sunat tidak lagi hanya dilalukan oleh anak laki laki muslim saja karena sesuai dengan ajaran agama, tapi banyak juga orangtua mengajak anaknya sunat dengan alasan kesehatan.

See Also

Pemotongansebagiandaripreputium ataukulityangmenutupi penisbisa menurunkan risiko terjadinya infeksi pada saluran kemih, menjaga terjadinyabalanitisdanbalanopostitis. Sirkumsisi juga dapat mencegah terjadinyafimosisdanparaphimosis, yaitu ketika kulup tidak bisa ditarik kembali dan terjebak di sekitar ujung penis.

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Terradorap.com © Copyright 2019 - All Rights Reserved. Nikmati Hari dengan Informasi Terbaru.
Scroll To Top