Now Reading
Banyak Rumah Kontrakan Keluarga, Inilah Tips agar Tepat dalam Memilihnya!

Banyak Rumah Kontrakan Keluarga, Inilah Tips agar Tepat dalam Memilihnya!

Avatar
Yuk Simak Kriteria Rumah Kontrakan Keluarga yang Bisa Disewakan

Kebutuhan akan hunian atau rumah kini sangatlah penting karena walau bagaimanapun rumah diperlukan untuk tinggal dan beristirahat setelah beraktivitas. Pada kenyataannya tidak semua orang bisa menyediakan dana untuk membeli rumah, apalagi impian punya rumah di Bali.

Banyak yang memutuskan untuk mengontrak rumah karena beberapa pertimbangan diantaranya budget yang terbatas. Berbeda dengan menempati kost, sewa rumah di Bali bisa mendapatkan privasi yang lebih. Hal ini karena Anda akan mendapatkan fasilitas dalam hunian secara utuh tanpa harus berbagi dengan penyewa yang lainnya.

Dalam memilih rumah dikontrakan, tentunya perlu memikirkan beberapa pertimbangan yang harus dilakukan agar Anda bisa memilih rumah yang sesuai dengan keinginan dan juga kebutuhan. Bukan hanya mempertimbangkan harga yang terjangkau tapi juga banyak hal lain yang perlu diamati dengan cermat.

Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda lakukan dan juga diterapkan agar dapat tinggal dengan nyaman dan aman meski hanya kontrakan:

Menyiapkan Budget agar Lebih Leluasa

Di daerah Bali, rumah kontrakan keluarga biasanya menawarkan sistem pembayaran per bulan ataupun per tahun. Anda dapat memilih dengan menggunakan biaya sewa yang sesuai dengan budget yang sudah disediakan. Hal lain yang perlu dipertimbangkan adalah alasan menyewa rumah tersebut dan dari segi waktu.

Jika ingin pindah dengan mengontrak sementara karena sedang melakukan renovasi rumah pada hunian yang permanen, maka sebaiknya pilihlah sistem pembayaran dengan per bulan. Berbeda jika Anda memilih untuk tinggal di rumah tersebut untuk jangka panjang maka sebaiknya pilihlah skema pembayaran dengan cara per tahun agar biaya yang dikeluarkan menjadi lebih ekonomis. Siapkan budget sebelumnya agar Anda bisa lebih leluasa dalam memutuskan.

Memeriksa Lokasi Rumah yang Akan Ditempati

Lokasi rumah memang sangatlah penting. Idealnya Anda memilih untuk mengontrak dengan tempat yang lokasinya berdekatan dengan tempat kerja atau pun kampus. Dengan begitu Anda bisa lebih menghemat waktu perjalanan saat akan beraktifitas. Tentunya dengan mempertimbangkan biaya transportasi umum yang dikeluarkan ataupun penggunaan bensin tiap hari.

Jika Anda akan bekerja di rumah tersebut maka perhatikan beberapa lokasi berbagai fasilitas umum misalnya untuk tempat beribadah, pasar, sekolah, ATM, dan rumah sakit agar berdekatan dengan rumah yang Anda tepati tersebut.

Memeriksa Kondisi Rumah

Tahapan yang satu ini tidak kalah pentingnya untuk kenyamanan tempat tinggal Anda dan keluarga. Selain skema pembayaran yang berbeda, beberapa fasilitas untuk rumah dikontrakan pun tentunya berbeda-beda. Ada yang dilengkapi dengan beberapa furniture, ada juga yang tidak. Namun Anda harus memeriksanya dengan lebih detail agar tidak menanggung biaya perbaikan setelah kontrak rumah tersebut selesai. Sebaiknya Anda mendokumentasikan penampilan interior saat sebelum dan sesudah ditempati agar menjadi bukti kondisi fasilitas tersebut dengan lebih jelas.

Tidak hanya itu saja Anda pun harus tetap proaktif bertanya tentang aturan dan juga kondisi rumah tersebut. Anda bisa bertanya kepada pihak penyewa tentang fasilitas apa saja yang boleh digunakan dan juga pemberlakuan larangan. Hal ini karena beberapa rumah memiliki aturan misalnya tidak boleh membawa hewan peliharaan, tidak boleh merokok, tidak menyalakan mesin kendaraan pada saat larut malam dan lainnya. Ini akan lebih memudahkan Anda saat sudah menempati rumah tersebut.

Menyiapkan Perabotan untuk Rumah Kontrakan Keluarga

Meskipun pihak yang menyewakan menyediakan beberapa fasilitas, akan tetapi perabotan yang disediakan biasanya sangat minimalis hanya sebatas kasur kursi dan juga lemari pakaian. Maka dari itu Anda yang merencanakan untuk pindah rumah terutama bersama keluarga maka tentu saja harus menyiapkan ataupun membawa beberapa perabotan.

See Also

Hal itu dapat membantu beraktivitas dalam kehidupan sehari-hari di rumah tersebut. Misalnya saja kulkas, televisi, perlengkapan untuk makan dan juga menyiapkan perlengkapan untuk mandi, perlengkapan tidur seperti sprei dan barang yang digunakan untuk dekorasi seperti gorden dan hiasan dinding.

Jangan lupa juga untuk menyediakan mesin cuci karena penggunaan mesin cuci akan lebih menghemat pengeluaran jika dibandingkan dengan menggunakan jasa laundry meskipun harus mengeluarkan biaya tambahan untuk barang elektronik tersebut namun tersebut berguna untuk jangka panjang dan bisa dibawa jika pindah dari kontrakan tersebut.

Mengamati Kontrak Persetujuan Tentang Sewa Rumah

Dengan adanya surat persetujuan untuk mengontrak tentu lebih memberi kenyamanan kepada dua belah pihak baik pihak penyewa ataupun pemilik unit rumah tersebut. Jika Anda mendapatkan hunian yang lengkap dengan surat persetujuan tentang kontrak maka perhatikan kembali dengan teliti tentang poin yang telah disebutkan. Jangan sampai ada poin-poin yang nantinya bisa merugikan secara sepihak.

Jangan sampai Anda merasa menyesal karena kurang teliti saat membaca poin penting dalam kontrak persetujuan. Sediakan waktu yang benar-benar tepat untuk membaca dengan teliti tanpa harus terburu-buru sehingga setiap poin dan ketentuan dapat Anda pahami. Jika ada yang tidak sesuai atau Anda tidak setuju dengan poin tersebut maka bisa bernegosiasi sehingga tercapai kesepakatan yang lebih baik.

Berbagai persiapan yang dilakukan sebelum memutuskan untuk tinggal di rumah di atas akan sangat membantu. Pastikan bahwa rumah yang dipilih memang benar-benar sesuai dengan dana yang telah disediakan tanpa harus mengorbankan berbagai kebutuhan penting untuk anggota keluarga.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat akan sewa rumah murah di Bali. Beberapa langkah di atas dapat membantu agar lebih aman dalam mengamati hal-hal penting saat akan menyewa sebuah rumah. Kenyamanan sangatlah penting dalam menempati sebuah rumah. Maka dari itu hal-hal yang detail penting untuk diperhatikan. Semoga dapat bermanfaat.

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Terradorap.com © Copyright 2019 - All Rights Reserved. Nikmati Hari dengan Informasi Terbaru.
Scroll To Top