Now Reading
Kurang Tidur Ternyata Bisa Berdampak Serius Waspadai 5 Gaya Hidup yang Bisa Picu Penyakit Diabetes

Kurang Tidur Ternyata Bisa Berdampak Serius Waspadai 5 Gaya Hidup yang Bisa Picu Penyakit Diabetes

Avatar

Penyakit diabetes yang berbahaya bisa disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat seperti penjelasan berikut ini. Diabetes merupakan penyakit degeneratif yang berbahaya dan bisa menyebabkan komplikasi dengan penyakit lain. Penyakit ini dapat mempengaruhi berbagai organ lain dalam tubuh dan menyebabkan komplikasi.

Diabetes terjadi karena naiknya kadar gula dalam darah secara berlebihan dan produksi insulin tidak mencukupi untuk menetralkan gula darah. Akibat kondisi ini, gula darah dalam tubuh bisa merusak organ lain seperti jantung yang ginjal. Inilah yang membuat penyakit diabetes sangat berbahaya dan bisa mengancam nyawa penderitanya.

Penyakit diabetes bisa dihindari dengan melakukan gaya hidup sehat dan mengatur pola makan yang baik. Tetapi beberapa gaya hidup yang tidak sehat masih sering dilakukan oleh orang orang. Hal ini bisa memicu penyakit diabetes terutama di usia muda.

Dihimpun dari berbagai sumber, berikut ini adalah gaya hidup tidak sehat yang bisa memicu penyakit diabetes. Kurang tidur yang berlangsung dalam waktu lama dan berkali kali ternyata bisa meningkatkan risiko penyakit diabetes. Hal ini terjadi karena tubuh kurang istirahat dan proses metabolisme menjadi terganggu.

Jika proses metabolisme terganggu maka akan menyebabkan gula yang seharusnya bisa diproses oleh tubuh akan mengendap dalam darah. Mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung gula juga menjadi pemicu diabetes karena makanan dan minuman manis dapat menaikkan kadar gula darah. Mengkonsumsi makanan dan minuman manis boleh saja dilakukan asal dalam jumlah yang wajar dan tidak berlebihan.

Membatasi konsumsi makanan dan minuman manis bisa menjadi salah satu cara untuk menghindari naiknya kadar gula darah yang menyebabkan diabetes. Lemak dalam tubuh bisa dibakar dengan melakukan aktivitas fisik setiap harinya. Jika kita tidak melakukan aktivitas fisik sama sekali, maka lemak akan menumpuk dan tidak diubah menjadi energi.

Selain itu, kadar gula darah akan meningkat, karena asupan gula yang masuk ke dalam tubuh juga tidak diproses menjadi energi. Hal inilah yang menyebabkan risiko penyakit diabetes semakin meningkat. Saat selesai makan dan perut terasa kenyang, memang akan membuat kita menjadi ngantuk.

Hal ini terjadi karena darah sedang terpusat pada organ pencernaan untuk proses metabolisme dan otak kekurangan oksigen. Tetapi tidur setelah makan membuat proses metabolisme menjadi lambat dan kadar gula darah akan naik. Hal ini bisa memicu penyakit diabetes.

Ngemil biasa dilakukan saat waktu luang untuk menunda lapar. Ternyata, ngemil dengan makanan ringan bisa memicu penyakit diabetes, karena makanan ringan biasanya memiliki indeks glikemik yang tinggi. Dengan mengkonsumsi makanan ringan seperti keripik kentang dan gorengan yang banyak mengandung tepung maka akan menyebabkan kenaikan kadar gula darah yang mampu memicu penyakit diabetes.

Diabetes di usia muda bisa dihindari dengangaya hidup sehatseperti mengendalikanstresdan melakukan aktivitas fisik. Penyakitdiabetesbisa menyerang siapapun tidak terkecuali anak muda sekalipun. Diabetes merupakan penyakit yang banyak dihindari oleh orang orang di seluruh dunia.

Menurut data kesehatan WHO, sekitar 1,5 juta orang di dunia meregang nyawa karena penyakitdiabetes. Kasusdiabetesyang terjadi pada anak muda paling banyak disebabkan karena yang tidak sehat. Pakar kesehatan dari Universitas Indonesia, Profesor Sidartawan Soegondo menyebutkan, banyak faktor pemicu munculnyadiabetes, dari berat badan yang berlebihan, tidak sehat dan riwayat keluarga.

See Also

Tetapi khususnya pola makan adalah penyebab terbanyakdiabetesyang menyerang usia muda. Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini adalah cara mencegah diabetes di usia muda Minum air putih sangat penting karena bisa menjaga tubuh kita tetap terhidrasi dan kebutuhan air dalam tubuh tercukupi

Studi menghubungkan minuman manis dengan obesitas dan diabetes, maka lebih baik minum air putih dibandingkan minum minuman manis. Kelebihan berat badan atau obesitas adlaah faktor risiko terbesar untukdiabetes. Maka cara untuk mencegahdiabetesadalah mengurangilemaktubuh yang berlebihan.

Setiap kilogram lemak tubuh yang hilang bisa mengurangi resiko diabetes hingga 16 persen. Stres dapat memicu pelepasan hormonyang meningkatkan gula darah. Studi menunjukkan, meditasi bisa meningkatkan kemampuan untuk melawanstres.

Selain dengan meditasi, aktivitas fisik dan sosial dengan orang juga membantu mengatasi stres. Kurangtidurkarena melakukan kegiatan atau mengerjakan sesuatu banyak terjadi pada anak muda. Padahal hal ini bisa menngkatkan risiko diabetes untuk usia muda.

Kurangnya aktivitas fisik bisa meningkatkan risikodiabetes. Olahraga akan membuat sel lebih sensitif terhadap insulin. Penelirian menyebutkan bahwa olahraga 150 menit seminggu bisa mencegah diabetes terutama di usia muda.

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Terradorap.com © Copyright 2019 - All Rights Reserved. Nikmati Hari dengan Informasi Terbaru.
Scroll To Top