Now Reading
Lakukan Pertolongan Pertama Ini Lihat Orang Kena Serangan Jantung Seperti Dialami Adian Napitupulu

Lakukan Pertolongan Pertama Ini Lihat Orang Kena Serangan Jantung Seperti Dialami Adian Napitupulu

Avatar

Adian Napitupulu masih terus dirawat intensif terkait serangan jantung saat dalam penerbangannya dari Jakarta ke Palangkaraya. Seperti apa pertolongan pertama untuk seseorang di sekitar kita yang mengalami serangan jantung? Berikut ulasannya: Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Adian Napitupulu diduga terkena serangan jantung di dalam pesawat, pada hari Kamis (19/12/2019) lalu. Serangan jantung terjadi dalam penerbangannya dari Jakarta menuju Palangkaraya.

Gejala serangan jantung yang ia rasakan saat berada dalam pesawat adalah dada sesak, badan lemas dan hampir kehilangan kesadaran. Salah seorang penumpang yang berprofesi sebagai dokter sempat membantu Adian agar tetap menjaga kesadaran saat ia mengalami serangan jantung. Setelah pesawat mendarat di Palangkaraya, ia langsung dibawa ke RSUD Doris Sylvanus untuk mendapatkan perawatan yang intensif.

Kemudian sorenya, Adian dipulangkan ke Jakarta menggunakan pesawat khusus. Serangan jantung memang bisa menyerang dimanapun termasuk didalam pesawat. Lalu apa yang harus kita lakukan ketika menemukan orang yang sedang mengalami serangan jantung?

Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini adalah pertolongan pertama pada orang yang terkena serangan jantung. Seranganjantungyang terjadi di tempat umum pasti banyak orang yang akan melihatnya dan mengerumuni, hal ini akan membuat seranganjantungmenjadi lebih buruk karena penderita seranganjantungmembutuhkan ruang yang lebih luas untuk memperlancar pernapasannya. Selain memberi ruang, penderita seranganjantungjuga bisa diberikan oksigen dan melonggarkan pakaiannya agar pernapasan lebih lancar.

Berikan obat pada penderita seranganjantungyang sesuai dengan resep, biasanya untuk penderita yang memiliki riwayat seranganjantungakan membawa obat resep dokter ke mana mana. Obat yang diresepkan oleh dokter untuk pasien seranganjantungadalah obat nitrogliserin. Biasanya pasien yang memiliki riwayat seranganjantungakan membawa obat ini.

Jika menemukan obat jenis nitrogliserin pada orang yang sedang mengalami seranganjantung, maka segera berikan dengan cara menaruh obat ini di bawah lidah. Pertolongan lain yang bisa dilakukan untuk menyelamatkan orang yang sedang mengalami serangan adalah membawanya ke rumah sakit. Mennghubungi UGD rumah sakit terdekar dan membawa penderita secepat mungkin ke rumah sakit akan membantu menyelamatkan orang yang sedang mengalami serangan jantung.

Mengapa serangan jantung seperti dialami politikus PDI Perjuangan/ PDIP, Adian Napitupulu, memicu rasa lelah luar biasa sehingga menyulitkan beraktivitas? "Selama 25 tahun praktik, saya melihat orang orang yang mengalami seranganjantungmelaporkan mereka mengalamikelelahandan tidak bisa beraktivitas normal," kata kardiolog Dr Stacey E Rosen. Dijelaskannya, rasa lelah aliran darah ke jantung tersendat tak lancar sehingga aktivitas pacu detak jantung tak normal.

Artinya, selama seranganjantungterjadi, aliran darah kejantungmenurun. Sehingga ototjantungmengalami ketegangan ekstra yang akan membuat penderitanya kelelahan. Seperti diketahui, politikus PDI Perjuangan Adian Napitupulu segera diterbangkan ke Jakarta dari Palangkaraya, Kamis, (18/12/2019) setelah dikabarkan mengalami serangan jantung.

Anggota Komisi I DPR RI tersebut terkena serangan jantung saat dalam perjalanan dalam rangka kegiatan komisinya ke Palangkaraya pada masa reses. Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun , Adian akan diterbangkan ke Jakarta sekitar pukul 14.00 waktu setempat. Dalam penerbangan, Adian juga akan didampingi seorang dokter jantung.

Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan bahwa saat ini sedang mengupayakan pemindahan Adian agar mendapatkan penanganan yang tepat. "Iya, sudah dicarikan pesawat ambulance untuk memindahkan Adian. Mohon doanya," ujar Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto kepada wartawan, Kamis (19/12/2019). Politikus PDIP Adian Napitupulu kolaps dalam penerbangan Jakarta Palangkaraya, Kamis, (18/12/2019).

Anggota Komisi 1 DPR RI tersebut terkena serangan jantung saat dalam perjalanan dalam rangka kegiatan komisinya pada masa reses. "iya benar saat ini sedang pemulihan," ujar politikus PDIP Rudianto Tjen saat dihubungi, Kamis, (19/12/2019). Rudianto yang mendampingi Adian tersebut mengatakan bahwa rekannya saat ini sedang berada di Rumah Sakit Doris Silvanus, Palangkaraya.

"Dalam perjalanan kelelahan, sekarang sedang dirawat, pemulihan," katanya. Penyakit jantung memiliki berbagai gejala, tetapi beberapa gejalanya terlihat sepele dan seringkali diremehkan, berikut ini adalah gejala penyakit jantung yang terlihat sepele. Penyakit jantung adalah penyakit yang berbahaya dan ditakuti oleh banyak orang karena memiliki efek yang mematikan.

Ada berbagai macam penyakit jantung dan gejalanya juga berbeda beda. Gejala penyakit jantung yang paling umum adalah nyeri di bagian dada. Ternyata, gejala penyakit jantung tidak hanya nyeri di dada.

Beberapa gejala penyakit jantung justru terlihat sepele dan ringan. Misalnya sajakelelahan yang terlihat sepele, namun ternyata hal ini bisa jadi merupakan gejala penyakit jantung. Maka, segeralah periksakan diri jika mengalami gejala seperti berikut ini agar mendapatkan penanganan medis yang tepat dan penyakit jantung bisa dicegah.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini adalah gejala penyakit jantung yang terlihat sepele. Kelelahan biasanya disepelekan dan sangat wajar dialami, tetapi apabilakelelahanterjadi terus menerus, bisa jadi itu adalah gejala penyakitjantung. Jantung koroner dan gagal jantung memiliki gejala kelelahan yang terus nenerus.

Mual dan sakit perut memang terlihat sepele, mungkin orang akan mengira ini adalah gejala dari gangguan pencernaan. Tetapi pada beberapa kasus, gejala penyakit jantung bisa muncul dengan rasa mual dan muntah. Hal ini banyak terjadi pada perempuan.

Mual dan muntah juga bisa menjadi gejala serangan jantung yang sangat berbahaya. Bengkak pada kaki bisa menjadi tanda jikajantungtidak memompa darah dengan sempurna. Saatjantungtidak bisa memompa darah, darah akan menumpuk di pembuluh darah dan menyebabkan pembengkakan.

Pada kondisi gagal jantung, ginjal akan mengalami kesulitan untuk mengeluarkan cairan dan sodium di tubuh, sehingga timbul pembengkakan. Penyumbatan aliran darah ototjantungyang terjadi karena penyakitjantungkoroner akan membuatjantungbekerja lebih keras. Kerjajantungyang lebih keras akan membuat tubuh terasa nyeri.

Tetapi, rasa nyeri yang dirasakan belum tentu timbul di dada, tetapi di daerah lain seperti bahu, tangan, rahang, atau perut. Berdasarkan Data Studi Beban Penyakit yang dipublikasikan dalam jurnal The Lancet pada tahun 2016 menyebutkan bahwa sebanyak 54,7 juta orang meninggal di seluruh dunia. Dari jumlah itu, hampir tiga perempatnya, sekitar 72,3%, dikarenakanseranganjantung, stroke, dan kanker.

Hingga saat ini,seranganjantungmenjadi salah satu mematikan di dunia. Bahkan angkakematian akibatserangan jantungterus meningkat. Bila dilihat ke belakang, angka tersebut meningkat sebesar 16% atau 5,5 juta orang.

Dengan tingginya risiko seranganjantung, maka kita perlu mengetahui gejala awal penyakit ini. Inilah 5 gejala awal seranganjantung. "Ini bisa saja karena makanan yang diasup."

"Tapi bisa juga karena seranganjantung, jadi cobalah hubungi dokter," kata Dr. Rosen. Pada laman MyHeartSisters.org dijelaskan, sel ototjantungmulai kehabisan oksigen selama seranganjantungkarena pembuluh darah tersumbat, darah yang mengangkut oksigen pun terhalang. Sinyal sakit kemudian dikirim melalui sistem syaraf. Otak kita mungkin akan bingung perihal asal sinyal tersebut karena kedekatan syaraf.

Sehingga bisa saja sakit tersebut terasa di bahu, siku, punggung atas, rahang, atau leher. Karena sakit itu seringkali tidak diikuti rasa berat di dada yang diasosiasikan sebagai seranganjantung, maka banyak orang mengabaikannya. "Beberapa pasien mengatakan sakit tersebut hanya terasa saat berolahraga. Jadi, mereka berasumsi sakit itu datang karena olahraga, padahal tidak," ujarnya.

Jika nafas pendek terjadi saat kita berada di penerbangan atau naik tangga, maka hal itu lumrah. Namun, jika kita merasakan dirimu tiba tiba termegap megap mencari udara, maka itu bisa menjadi sinyal seranganjantung. Annapoorna Kini, MD, dari The Mount Sinai Hospital menambahkan, jika nafas pendek tersebut terjadi saat bangun tidur, itu juga bisa menjadi sinyal ada hal yang tidak beres.

Menurut MayoClinic.com ,jantungmengambil peran kunci dalam mengalirkan oksigen ke seluruh tubuh dan mengeluarkan karbon dioksida dari jaringan. Sehingga, aliran darah yang terhambat bisa berdampak pada cara kita bernafas. Jika kamu merasakan nyeri dada sesekali kambuh setelah makan berat, hal itu tak perlu dikhawatirkan.

See Also

Namun, jika nyeri dada terjadi di luar kebiasaan dan rasanya sangat mengganggu, hubungi dokter karena itu bisa jadi adalah tanda seranganjantung. Gastroenterologis Ryan Madonick menjelaskan kepada Health.com, nyeri dada seperti terbakar disebut Angina. Angina disebabkan kurangnya aliran darah kejantungdan menyebabkan seranganjantungterjadi.

Menurut Kardiolog di Northwell Health, Dr. Stacey E. Rosen, MD,kelelahanadalah salah satu gejala umum penyakitjantung. Terutama terlihat pada pasien wanita. Dilansir dari laman WebMD, selama seranganjantungterjadi, aliran darah kejantungmenurun.

Sehingga ototjantungmengalami ketegangan ekstra yang akan membuat kitakelelahan. "Selama 25 tahun praktik, saya melihat orang orang yang mengalami seranganjantungmelaporkan mereka mengalamikelelahandan tidak bisa beraktivitas normal," ujar Dr. Rosen. Jika Anda mengalaminya dan khawatir tanda tersebut adalah gejala penyakitjantung, lakukanlah tes aktivitasjantungdengan Electrocsrdiogram (EKG).(Intisari Online.com/Mentari DP).

Berdasarkan Data Studi Beban Penyakit yang dipublikasikan dalam jurnal The Lancet pada tahun 2016 menyebutkan bahwa sebanyak 54,7 juta orang meninggal di seluruh dunia. Dari jumlah itu, hampir tiga perempatnya, sekitar 72,3%, dikarenakanseranganjantung, stroke, dan kanker. Hingga saat ini,seranganjantungmenjadi salah satu mematikan di dunia.

Bahkan angkakematian akibatserangan jantungterus meningkat. Bila dilihat ke belakang, angka tersebut meningkat sebesar 16% atau 5,5 juta orang. Dengan tingginya risiko seranganjantung, maka kita perlu mengetahui gejala awal penyakit ini.

Inilah 5 gejala awal seranganjantung. "Ini bisa saja karena makanan yang diasup." "Tapi bisa juga karena seranganjantung, jadi cobalah hubungi dokter," kata Dr. Rosen.

Pada laman MyHeartSisters.org dijelaskan, sel ototjantungmulai kehabisan oksigen selama seranganjantungkarena pembuluh darah tersumbat, darah yang mengangkut oksigen pun terhalang. Sinyal sakit kemudian dikirim melalui sistem syaraf. Otak kita mungkin akan bingung perihal asal sinyal tersebut karena kedekatan syaraf. Sehingga bisa saja sakit tersebut terasa di bahu, siku, punggung atas, rahang, atau leher.

Karena sakit itu seringkali tidak diikuti rasa berat di dada yang diasosiasikan sebagai seranganjantung, maka banyak orang mengabaikannya. "Beberapa pasien mengatakan sakit tersebut hanya terasa saat berolahraga. Jadi, mereka berasumsi sakit itu datang karena olahraga, padahal tidak," ujarnya. Jika nafas pendek terjadi saat kita berada di penerbangan atau naik tangga, maka hal itu lumrah.

Namun, jika kita merasakan dirimu tiba tiba termegap megap mencari udara, maka itu bisa menjadi sinyal seranganjantung. Annapoorna Kini, MD, dari The Mount Sinai Hospital menambahkan, jika nafas pendek tersebut terjadi saat bangun tidur, itu juga bisa menjadi sinyal ada hal yang tidak beres. Menurut MayoClinic.com ,jantungmengambil peran kunci dalam mengalirkan oksigen ke seluruh tubuh dan mengeluarkan karbon dioksida dari jaringan.

Sehingga, aliran darah yang terhambat bisa berdampak pada cara kita bernafas. Jika kamu merasakan nyeri dada sesekali kambuh setelah makan berat, hal itu tak perlu dikhawatirkan. Namun, jika nyeri dada terjadi di luar kebiasaan dan rasanya sangat mengganggu, hubungi dokter karena itu bisa jadi adalah tanda seranganjantung.

Gastroenterologis Ryan Madonick menjelaskan kepada Health.com, nyeri dada seperti terbakar disebut Angina. Angina disebabkan kurangnya aliran darah kejantungdan menyebabkan seranganjantungterjadi. Menurut Kardiolog di Northwell Health, Dr. Stacey E. Rosen, MD,kelelahanadalah salah satu gejala umum penyakitjantung. Terutama terlihat pada pasien wanita.

Dilansir dari laman WebMD, selama seranganjantungterjadi, aliran darah kejantungmenurun. Sehingga ototjantungmengalami ketegangan ekstra yang akan membuat kitakelelahan. "Selama 25 tahun praktik, saya melihat orang orang yang mengalami seranganjantungmelaporkan mereka mengalamikelelahandan tidak bisa beraktivitas normal," ujar Dr. Rosen. Jika Anda mengalaminya dan khawatir tanda tersebut adalah gejala penyakitjantung, lakukanlah tes aktivitasjantungdengan Electrocsrdiogram (EKG).(Intisari Online.com/Mentari DP).

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Terradorap.com © Copyright 2019 - All Rights Reserved. Nikmati Hari dengan Informasi Terbaru.
Scroll To Top