Now Reading
Liburan Ke Jepang? 5 Suvenir Lucu Ini Bisa Dibawa Pulang Untuk Oleh Oleh

Liburan Ke Jepang? 5 Suvenir Lucu Ini Bisa Dibawa Pulang Untuk Oleh Oleh

Avatar

Rekomendasi sovenir lucu dan unik yang bisa kamu jadikan oleh oleh ketika berkunjung ke Jepang. Deretan suvenir dari Jepang yang bisa kamu jadikan oleh oleh ini seperti kipas tradisional Sensu hingga Maneki Neko, patung kucing dari keramik. Sensu merupakan kipas tradisional Jepang yang bisa dibuka tutup dan akan mengipaskan angin bila digerakkan.

Kipas asli Jepang ini sudah ada sejak zaman dahulu, tepatnya 1200 tahun yang lalu, namun kembali populer pada abad ke 19 dengan masuknya sensu ke Eropa. Sensu dibuat oleh para pengrajin dengan cara tradisional dengan 80 langkah khusus untuk membuatnya. Tenugui adalah handuk dari Jepang yang memiliki motif beraneka ragam yang dibuat dengan gaya Jepang.

Bahan untuk membuat tenugu adalah kain katun. Tenugui biasanya dijadikan sebagai alat untuk menyeka tangan atau muka setelah terkena air, Banyak orang yang membeli tenugui untuk menjadikannya sebagai oleh oleh ketika sudah selesai berlibur dari Jepang.

Omamori sendiri sebenarnya sebuah jimat berbentuk kantung berisi kertas dengan tulisan nama dewa yang telah didoakan sebelumnya. Dianggap jimat karena Omamori mengandung arti “melindungi”, maka dalam waktu satu tahun, pemilik akan diberi perlindungan. Namun dalam waktu satu tahun itu, jangan sampai kantungnya dibuka, karena itu adalah hal tabu, begitu pula dengan membuangnya.

Terdapat beberapa jenis omamori yang biasa ditemui dengan fungsi berbeda beda, seperti untuk kesehatan, keselamatan, dan untuk kebahagiaan pasutri. Kokeshi adalah boneka yang dibuat menggunakan kayu yang memiliki bentuk wajah dan badan, namun biasanya tidak memiliki kaki karena bagian bawahnya dibentuk datar. Bentuk tubuhnya sangatlah unik, karena membentuk tabung tanpa adanya tangan, kalau ada tangannya hanya dibuat dengan proses pengecatan.

See Also

Sampuru adalah replika makanan yang dibuat menggunakan lilin, namun sekarang ini lebih sering dibuat menggunakan plastik agar lebih mudah dicetak. Pada awalnya sampuru dibuat sebagai pajangan di rumah makan supaya pemiliki toko tidak perlu menggantinya dengan makanan asli yang cepat basi. Makanan yang dipajang di depan toko bertujuan agar pembeli tahu, makanan apa yang dijual di sana, namun karena bisa kadaluarsa akhirnya diganti dengan makanan replika.

Sampuru yang menjadi oleh oleh asal Jepang selain dibuat sebagai replika bagi makanan yang nantinya akan dipajang di depan restauran, juga bisa dibuat untuk oleh oleh.

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Terradorap.com © Copyright 2019 - All Rights Reserved. Nikmati Hari dengan Informasi Terbaru.
Scroll To Top