Now Reading
Mengenal Kanker Paru Paru: Dari Penyebab, Gejala, Cara Mengobati Hingga Pencegahannya

Mengenal Kanker Paru Paru: Dari Penyebab, Gejala, Cara Mengobati Hingga Pencegahannya

Avatar

Kanker paru paru telah membunuh sedikitnya 1,8 juta jiwa di seluruh dunia. Kanker paru paru termasuk dalam golongan yang paling berbahaya karena akan mempengaruhi kemampuan bernapas ktia. Sel kanker membelah tanpa terkendali, menyebabkan terjadinya beberapa tumor di paru paru.

Beberapa penyebab kanker paru paru ini antara lain terkena zat karsinogen yang terdapat dalam rokok. Zat ini akan merusak lapisan dalam paru paru terutama para perokok aktif. Meskipun sel sel memiliki kemampuan untuk memperbaiki diri mereka sendiri, mereka menjadi lebih lemah karena paparan yang konstan.

Ini menyebabkan sel sel berubah menjadi kanker dan menimbulkan tumor. Mengutip dari Boldsky.com pada Kamis (6/6/2019) tak hanya perokok aktif, perokok pasif pun berresiko terkena penyakit kanker paru paru. Selain perokok, kanker paru paru bisa menginfeksi mereka yang sering terpapar bahan kimia atau racun dalam jangka panjang.

Orang orang ini biasanya berkerja di industri atau pabrik. Paparan zat kimia dan radon tingkat tinggi menjadi alasan utama berkembangnya kanker paru paru. Secara umum ada dua jenis kanker paru paru yang pertama, kanker paru paru sel kecil dan kanker paru non sel kecil.

Kanker paru paru sel kecil hanya ditemukan pada perokok berat. Kasus kanker paru paru yang diderita perokok presentasenya sebesar 10 hingga 15 persen. Selanjutnya kanker paru non sel kecil, jenis kanker ini berdasarkan pada pertumbuhan sel kanker pada kelompok sel tertentu di paru paru.

Ini termasuk karsinoma sel skuamosa, adenokarsinoma dan karsinoma sel besar. Pentingnya untuk memahami gejala kanker paru paru sebelum terlambat. Apalagi jika kamu tergolong perokok berat atau bekerja di lingkungan yang kerap terpapar bahan kimia.

Gejala khas kanker paru paru meliputi berikut ini: Jika dokter melihat adanya tumor atau benjolan pada stadium awal, sebaiknya kamu segera mengujikannya. Beberapa tes umum untuk mendiagnosis kanker paru paru antara lain:

Dokter akan mengambil sebagian jaringan paru parumu dan mencari aktivitas kanker. Dahak atau darahmu akan dipelajari di bawah mikroskop untuk mencari keberadaan kanker paru Ray biasanya akan mengungkapkan adanya massa abnormal di paru paru penderita kanker.

Perawatan kanker paru paru biasanya tergantung pada lokasi dan stadium kanker. Kenajuan dalam bidang medis membuat banyaknya pilihan perawatan untuk menangani penderita kanker paru paru. Opsi perawatan yang ada saat ini adalah:

See Also

Ini adalah opsi pertama yang akan dipertimbangkan oleh dokter untuk mengobati penderita kanker peru paru. Operasi untuk mengangkat bagian paru paru yang telah terkena kanker dan daerah sekitarnya yang sudah tersebar. Prosedur ini melibatkan pengangkatan bagian paru paru tergantung seberapa para kanker.

Terkadang seluruh paru paru akan diangkat jika memang diperlukan. Cara paling umum untuk mengobari segaja jenis kanker adalah dengan kemoterapi. Kemoterapi melibatkan penggunaan obat obatan unruk mengecilkan sel sel kanker.

Cara ini terbilang paling efektif meski memiliki banyak efek samping. Prosedur ini menggunakan sinar berenergi tinggi untuk mengecilkan tumor penyebab kanker. Setelah itu kemudian tumor atau kanker akan diangkat melalui proses operasi.

Terapi ini menargetkan aktivitas sel kanker dan mencegahnya agar tidak berkembang biak. Berikut ini beberapa tips untuk mencegah kanker paru paru yang bisa kita terapkan.

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Terradorap.com © Copyright 2019 - All Rights Reserved. Nikmati Hari dengan Informasi Terbaru.
Scroll To Top