Now Reading
Nutrisi Seimbang 5 Makanan yang Aman buat Para Penderita Diabetes

Nutrisi Seimbang 5 Makanan yang Aman buat Para Penderita Diabetes

Avatar

Penderita diabetes masih bisa menikmati makanan yang aman untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya, seperti memakan kacang kacangan dan susu rendah lemak. Untuk penderita diabetes, makanan berkarbohidrat sering dihindari karena dituduh sebagai makanan yang bisa memicu naiknya gula darah. Tetapi walau bagaimanapun, karbohidrat tetap menjadi sumber energi bagi manusia yang paling utama.

Karbohidrat memiliki beberapa jenis dan tidak semuanya bisa menaikkan gula darah sehingga dihindari oleh penderita diabetes. Beberapa makanan masih aman dikonsumsi untuk penederita diabetes. Makanan ini bisa dikonsumsi untuk pemenuhan nutrisi dan sumber energi.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini adalah makanan yang aman dikonsumsi untuk penderita diabetes. Menurut penelitian yang diterbitkan di Circulation Research, orang dengan diabetes tipe 2 yang mengonsumsi kacang tiap minggu memiliki 17% lebih rendah akan risiku penyakit jantung. Ornag yang mengkonsumi kacang setelah didiagnosis terkena diabetes memiliki resiko kematian dini 27 persen lebih rendah.

Hal ini dapat terjadi karena kacang kacangan bisa meningkatkan pengendalian glikemik, menurunkan tekanan darah dan meningkatkan fungsi arteri. Kacang kacangan kaya akan serat, lemak tak jenuh, vitamin E dan folat. Sayuran sangat aman dan baik dikonsumsi untuk penderita diabetes.

Sayuran mengandung karbohidrat dan kalori yang sangat sedikit, sehingga aman untuk dikonsumsi penderita diabetes. Selain itu, sayuran juga bisa memenuhi nutrisi untuk tubuh seperti serat, vitamin dan mineral. Tetapi ada yang perlu dihindari dari sayuran untuk penderita diabetes, yaitu sayuran yang mengandung pati seperti labu dan kentang.

Sayuran yang mengandung pati bisa menyebabkan naiknya glukosa dalam darah secara signifikan. Protein dan kalsium sangat diperlukan untuk mejaga kesehatan tubuh. Susu bisa menjadi minuman yang aman dikonsumsi oleh penderita diabetes, tetapi susu yang rendah lemak.

Dengan mengkonsumsi susu, penderita diabetes bisa memenuhi kebutuhan nutrisi seperti protein, kalsium yang mampu mempu menjaga kesehatan tubuh. Kacang panjang, kacang merah, dan lentil merupakan beberapa jenis polong polongan. Polong polongan sangat aman dikonsumsi karena mengandung karbohidrat, tetapi karbohidrat yang baik untuk penderita diabetes karena berserat tinggi.

Buah jenis beri seperti stroberi, blueberry dan raspberry juga aman dikonsumsi untuk penderita diabetes. Beri mengandung gula dan karbohidrat yang lebih rendah dari buah buahan lainnya. Jenis beri yang paling baik untuk penderita diabetes adalah jenis raspberry karena mengandung serat yang tertinggi diantara jenis lainnya.

<span ></span> <span ></span>Beberapa ciri dari<span ></span>diabetes<span ></span>sering kali disepelekan, seperti pengelihatan yang kabur dan luka yan susah sembuh. Diabetes bisa menyerang siapa saja baik yang berumur sudah tua maupun masih muda sekalipun. Penyakit ini adalah salah satu penyakit yang membahayakan dan ditakuti oleh banyak orang.

Risiko diabetes bisa ditimbulkan dari gaya hidup yang tidak sehat serta faktor keturunan. Untuk terhindar dari penyakit ini, kita harus menjaga pola hidup yang seimbang sejak dini. Penyakit ini jika tidak ditangani dengan cepat akan menjalar ke organ lain yang menyebabkan komplikasi.

Maka, penyakit ini harus dicegah dan diketahui ciri cirinya sejak dini. Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini adalah ciri ciri awal diabetes. Gula darah yang tinggi akan menjadi bahaya jika tidak segera duibuang melalui urin.

Tubuh akan membuang kelebihan<span ></span>gula<span ></span>melalui urin secara terus menerus, ini akan membuat sering buang air kecil. Karena air dibuang bersamaan dengan<span ></span>gula<span ></span>darah, maka akan menimbulkan dehidrasi dan mudah haus. Beberapa orang tidak sadar dengan ciri ciri ini, padahal ini adalah ciri ciri awal dari diabetes.

See Also

Pengelihatan buram juga salah satu ciri awal dari<span ></span>diabetes. Mata yang buram karena adanya cairan yang menumpuk pada mata seiring naiknya<span ></span>gula<span ></span>darah. Sebenarnya jika<span ></span>gula<span ></span>darah dijaga agar tetap stabil, cairan ini tidak akan mengganggu pengelihatan.

Mata akan semakin buram jika gula darah terus naik. Diabetes terjadi karena<span ></span>gula<span ></span>darah yang menumpuk karena bisa diubah menjadi energi. Hal ini diakibatkan dari reseptor insulin yang rusak sehingga tidak peka terhadap<span ></span>gula<span ></span>darah.

Biasanya lemak yang ada dalam tubuh akan dijadikan pengganti energi oleh tubuh. Penderita diabetes biasanya akan mengalami penurunan berat badan yang signifikan karena cadangan lemak dalam tubuh digunakan untuk metabolisme tubuh menggantikan gula. Ciri awal dari<span ></span>diabetes<span ></span>adalah nafas bau dan sering meludah.

Saat meludah, bakteri penyebab bau mulut akan tetap bersarang didalam mulut dan menyebabkan bau mulut. Selain itu, penderita diabetes sering mengalami proses ketosis yaitu penguraian energi dari lemak yang membuat nafas dan mulut menjadi bau. Kadar<span ></span>gula<span ></span>yang tinggi dalam darah akan membuat bakteri menjadi subur, bakteri membutuhkan<span ></span>gula<span ></span>untuk metabolisme.

Hal ini akan menyebabkan penderita<span ></span>diabetes<span ></span>jika memiliki luka akan sulit unruk sembuh. Gula darah yang tinggi juga melemahkan sistem imun sehungga akan semakin rentan terhadap penyakit.

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Terradorap.com © Copyright 2019 - All Rights Reserved. Nikmati Hari dengan Informasi Terbaru.
Scroll To Top