Now Reading
Penyebaran Virus Corona Juga Berimbas Pada 4.000 Gajah di Thailand Tak hanya Manusia

Penyebaran Virus Corona Juga Berimbas Pada 4.000 Gajah di Thailand Tak hanya Manusia

Avatar

Dunia masih dihebohkan dengan penyebaran virus corona yang begitu cepat. Virus corona dapat menular dari melalui droplet atau percikan air liur yang keluar lewat batuk dan bersin. Jika percikan tersebut menempel di permukaan benda yang sering disentuh, maka virus corona akan dengan mudah masuk ke tubuh manusia ketika ia tak sengaja memegang area wajah seperti mulut, telinga, atau mata.

Akibatnya, kini sejumlah negara mengalami tingkat kematian tinggi akibat virus corona. Tak hanya berdampak pada manusia saja, virus corona juga berimbas pada populasi gajah khususnya di Thailand. Ada sekira 4.000 gajah yang hidup di penangkaran Thailand.

Ribuan gajah tersebut diketahui turut merasakan dampak dari penyebaran virus corona. Penyebaran virus corona tentu saja membuat beberapa negara termasuk Thailand menutup tempat wisata. Akibatnya pariwisata mengalami penurunan jumlah wisatawan di tengah pandemi virus corona.

Dengan berkurangnya wisatawan, ribuan gajah menderita karena kurangnya pasokan makanan. "Krisis (COVID 19) ini merupakan sebuah tantangan sekaligus guru yang baik. Dibutuhkan upaya dan ketahanan bersama untuk mengatasi dan bangkit untuk menuju kehidupan yang lebih baik," tulis unggahan dalam laman tersebut. Lek Chailert, pendiri Save Elephant Foundation , mengatakan kepada BBC jika mereka tidak mendapatkan bantuan maka ribuan gajah akan kelaparan.

See Also

Atau lebih parah lagi jika pemilihnya merasa tertekan bisa saja menjual gajah gajah itu ke kebun binatang maupun bisnis penebangan liar. Yayasan atau penangkaran yang berbasis di Thailand itu biasanya mengirimkan rumput segar untuk makanan gajah di penangkaran di seluruh negeri. Akan tetapi permasalahannya kini rumput segar tidak mudah didapatkan di Thailand.

Kerri McCrea, dari Kindred Spirit Elephant Sanctuary menuturkan jika tidak ada rumput segar yang tersisa di hutan untuk pasokan makanan gajah. Melalui laman Facebook tersebut, pemilik gajah mengharapkan donasi berupa makanan untuk ribuan gajah di penangkaran. "Jika kita ingin menjadi penyembuh dan membantu banyak orang, maka lupakan tentang politik dan ulurkan tangan ke mereka yang membutuhkan, makanan bagi mereka yang kelaparan, air bagi mereka yang kehausan".

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Terradorap.com © Copyright 2019 - All Rights Reserved. Nikmati Hari dengan Informasi Terbaru.
Scroll To Top