Now Reading
Perbedaan PPDB SMA 2019 Jalur Prestasi dan Jalur Zonasi, Persiapkan Dokumen Ini untuk Mendaftar!

Perbedaan PPDB SMA 2019 Jalur Prestasi dan Jalur Zonasi, Persiapkan Dokumen Ini untuk Mendaftar!

Avatar

Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Sekolah Menengah Atas (SMA) dibagi menjadi tiga jalur, yakni , , dan jalur perpindahan dinas orangtua. Masing masing jalur memiliki persentase daya tampung atau kuota jumlah peserta masing masing. Tak hanya itu, masing masing jalur juga memberikan persyaratan yang berbeda beda.

Kuota adalah 90 persen, menampung 5 persen sementara jalur perpindahan dinas orangtua adalah 5 persen. Bila kuota jalur perpindahan orangtua tidak mencapai 5 persen maka akan dialihkan untuk kuota . Calon peserta didik baru ( CPDB ) yang memiliki prestasi dapat melalui untuk mendaftar di SMA yang diinginkan.

Adapun pendaftaran sudah dibuka sejak Senin (17/6/2019). Proses pendaftaran akan ditutup pada Sabtu (22/6/2019). Melansir dari laman resmi , ppdb.disdik.jabarprov.go.id, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh CPDB.

1. Pas foto hitam putih ukuran 3×4 sebanyak 2 lembar 2. Fotokopi ijazah dan SHUN SMP/Sederajat atau surat keterangan yang berpenghargaan sama dengan ijazah SMP/ijazah Program Paket B/ijazah satuan pendidikan luar negeri yang dinilai/dihargai sama/setingkat dengan SMP. Fotokopi tersebut diserahkan dalam keadaan sudah dilegalisir.

3. Fotokopi akta lahir dan asli dengan batas usia paling tinggi 21 tahun pada awal tahun pelajaran baru 2019/2020, dan belum menikah. 4. Fotokopi dan asli KTP orangtua. 5. Fotokopi dan asli Kartu Keluarga (KK) atau Surat Keterangan domisili dari RT/RW yang dilegalisir oleh Lurah/Kepala Desa setempat, yang menerangkan bahwa calon peserta didik yang bersangkutan telah berdomisili paling singkat enam bulan sebelum pelaksanaan PPDB.

Khusus untuk CPDB , ada persyaratan yang harus ditambahkan, yaitu fotokopi dan asli Sertifikat/piagam yang dilegalisir. Sebelum mendaftar, CPDB menentukan sekolah dengan pilihan 1 dan 2 dalam satu zonasi dan pilihan ke 3 di zonasi lain terdekat. Berikut tahapan serta tips pendaftaran .

Kenali zonasi sesuai dengan tempat tinggal CPDB. Kenali sekolah di zonasi CPDB. Pilih sekolah terekat dengan tempat tinggal CPDB.

Dalam satu jalur terdapat tiga pilihan sekolah. Terdapat 91 titik zonasi untuk PPDB di 27 kabupaten dan kota di Jabar. CPDB melakukan pendaftaran dan menyerahkan berkas PPDB di lokasi sekolah pilihan 1.

Kemudian berkas yang diserahkan melalui verifikasi. Bila berkas pendaftaran kurang maka CPDB akan diminta melengkapinya. Kemudian berkas akan dientri dan diverifikasi oleh Operator Sekolah Pilihan 1. Informasi data CPDB dapat dilihat pada laman ppdb.disdik.jabarprov.go.id.

Seleksi dilakukan secara otomastis oleh sistem dan ditampilkan pada saat pengumuman. Pengumuman hasil seleksi disajikan pada display Peserta didik baru ditetapkan berdasarkan SK Kepala Sekolah

Oleh sebab itu, CPDB yang berdomisili dekat dengan SMA akan mendapat kemungkinan diterima lebih besar. Untuk mengecek jarak lokasi rumah dengan SMA dapat menggunakan cara berikut yang dilansir dari ppdb.bandung.go.id. Buka aplikasi Google Maps di ponsel Anda.

See Also

Masukkan lokasi rumah Anda. Tekan dan tahan jari Anda pada lokasi rumah yang telah Anda tentukan. Setelah muncul point lokasi berwarna merah, klik Info Selengkapnya. Kemudian klik Ukur Jarak

Selanjutnya arahkan pointer ke sekolah tujuan dengan cara menggeser peta Google Maps sampai di lokasi sekolah. Jika berhasil maka pada bagian bawah tampilan Google Maps akan terlihat jarak tempuh. Jarak tersebut merupakan jarak garis lurus antara rumah Anda dengan sekolah tujuan.

Angka tersebut bisa menjadi acuan dalam menentukan jarak dari rumah ke sekolah tujuan. Buka browser di komputer Anda. Akses laman Google Maps, maps.google.com atau google.com/maps

Masukkan alamat rumah di bagian Search Google Maps Setelah muncul pin merah, Anda perbesar peta dan tentukan titik tempat rumah Anda menggunakan cara klik kanan pada peta lalu pilih menu Measure Distance Kemudian point merah hitam akan muncul tulisan click on the map to trace path you want to measure.

Arahkan peta ke sekolah tujuan Setelah Anda klik satu kali pada letak sekolah tujuan, akan muncul keterangan jarak.

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Terradorap.com © Copyright 2019 - All Rights Reserved. Nikmati Hari dengan Informasi Terbaru.
Scroll To Top