Now Reading
Satu-satunya Negara di Dunia yang Dinamai Berdasarkan Fitur Geografisnya Fakta Unik Ekuador

Satu-satunya Negara di Dunia yang Dinamai Berdasarkan Fitur Geografisnya Fakta Unik Ekuador

Avatar

Ekuador adalah rumah bagi berbagai keindahan alam dan budaya. Termasuk di antaranya hutan hujan Amazon hingga puncak Pegunungan Andes; dan kota kota pesisir ke Kepulauan Galapagos. Banyak hal unik dan menarik yang bisa kamu temukan di Ekuador.

1. Sebelum suku Inca menciptakan permukiman di Ekuador, negara ini dihuni oleh penduduk asli Amerika. 2. Ekuador didirikan pada 1532 oleh Spanyol, yang mengusir suku Inca untuk mengklaimnya. 3. Simon Bolivar menyatukan Ekuador ke wilayah yang sekarang bernama Panama, Venezuela, dan Kolombia untuk membentuk apa yang disebut The Gran Colombia (1819 30).

Negara berumur pendek ini runtuh pada 1830 dan tiga negara terpisah. 4. Ekuador dinamai sesuai dengan nama garis khatulistiwa yang melintasi negara itu. Ekuador menjadi satu satunya negara di dunia yang dinamai berdasarkan fitur geografis.

Nama resminya, República del Ecuador, secara harfiah berarti "Republik Khatulistiwa". 5. Ekuador dan Peru memperebutkan kontrol atas wilayah Amazon Ekuador selama lebih dari seabad, dalam apa yang menjadi perselisihan wilayah terpanjang di belahan bumi Barat . Perebutan berakhir pada Mei 1999 dengan kedua negara menandatangani perjanjian.

6. Situs Warisan Dunia UNESCO pertama dan kedua berada di Ekuador. Kepulauan Galapagos adalah situs nomor satu dan ibu kota Quito adalah situs nomor dua. 7. Terlepas dari konflik perbatasannya, Ekuador telah damai dalam beberapa tahun terakhir.

Saat ini adalah satu negara Amerika Selatan paling aman untuk dikunjungi. 8. Ekuador adalah satu dari hanya dua negara Amerika Selatan yang tidak berbagi perbatasan dengan Brasil. 9. Ekuador adalah pengekspor pisang terbesar di dunia, mengekspor 2,7 miliar nilainya setiap tahun (23,3% dari total ekspor pisang, 2016).

10. Minyak menyumbang 40 persen dari semua ekspor Ekuador dan 33 persen dari pendapatan negara. 11. Ekuador menyediakan sebagian besar kayu balsa dunia. Negara ini juga mengekspor kopi dan bunga.

12. Ekuador telah menggunakan Dolar Amerika sebagai mata uang nasionalnya sejak tahun 2000. 13. Tidak ada makanan nasional di Ekuador karena masakan bervariasi dari satu daerah ke daerah lain. 14. Ekuador adalah negara dengan keanekaragaman hayati terbanyak ke 9 di dunia dan menawarkan banyak hal untuk dilihat dan dilakukan pengunjung.

15. Lebih dari 70 persen populasi Ekuador terdiri dari Mestizos (campuran etnis orang Spanyol dan penduduk asli) dan sisanya termasuk populasi signifikan masyarakat adat. 16. Bahasa Spanyol adalah bahasa resmi Ekuador tetapi ada 13 bahasa asli yang diakui yang juga digunakan. 17. Beberapa suku asli pedalaman Amazon berhasil menghindari penaklukan Inca dan Spanyol.

Mereka telah melestarikan tradisi budaya kuno mereka secara independen dari pengaruh asing. 18. Keluarga dapat dibentuk melalui dua metode yang berbeda. Pernikahan sipil adalah ikatan yang mengikat secara hukum antara seorang pria dan seorang wanita.

Semua pasangan menikah wajib menjalani upacara hukum. Metode lainnya adalah Free Union, di mana pasangan memutuskan untuk membentuk keluarga tanpa terlebih dahulu menjalani layanan resmi apa pun. Kedua jenis ikatan ini memberi keluarga hak dan kewajiban yang sama.

19. Jika membutuhkan perawatan kesehatan, kamu tidak perlu khawatir. Sistem Kesehatan Ekuador adalah peringkat ke 20 terbaik di dunia dalam segi kualitas. 20. Anak anak diharuskan bersekolah sampai mereka mencapai "pendidikan dasar".

Menurut Departemen Pendidikan, ini biasanya selama 6,7 ​​tahun. Hanya sekitar 10 persen dari semua siswa pedesaan menghadiri sekolah menengah. 21. Musik Ekuador dikenal sebagai Pasillo dan dimainkan untuk tarian dan festival.

22. Orang orang Kichwa dari Tigua (di wilayah Sierra tengah) dikenal di seluruh dunia karena lukisan tradisional mereka yang dilakukan dengan hati hati pada kanvas kulit domba. Seniman Tigua menggunakan tema sederhana dengan warna warna cerah dalam karya mereka. 23. Tiga warna pada bendera Ekuador memiliki makna tersendiri.

Kuning untuk keragaman negara, biru untuk laut dan langit, dan merah untuk darah para pejuang yang memenangkan kemerdekaan mereka. 24. Di Ciudad Mitad del Mundo (Middle of the World City) adalah garis yang ditandai di mana kamu dapat berdiri dengan satu kaki di Belahan Bumi Utara dan kaki lainnya di Belahan Bumi Selatan. Sayangnya, tujuan wisata ini 26 kilometer (16 mil) utara Quito, ibu kota negara.

See Also

25. Cotopaxi di Ekuador adalah gunung berapi aktif tertinggi di dunia. 26. Puncak Chimborazo adalah titik di bumi yang paling dekat dengan matahari dan terjauh dari inti bumi, karena tonjolan luncuran bumi di sana. Ini juga berarti Ekuador adalah negara terdekat di dunia dengan ruang angkasa.

27. Pohon kina adalah pohon nasional Ekuador. Pohon ini menghasilkan Quinine, yang merupakan obat pertama yang pernah digunakan untuk mengobati dan mencegah malaria. 28. Ekuador adalah negara pertama yang menyatakan alam memiliki hak konstitusional.

Pada 2008 Ekuador mengakui alam memiliki "hak untuk hidup, bertahan dan memperbaharui siklus vitalnya, dan karenanya memiliki hak konstitusional. Alam seharusnya tidak diperlakukan sebagai properti. 29. Ekuador memiliki satu kepadatan terbesar gunung berapi di dunia.

Ekuador adalah negara pertama dalam sejarah dunia yang menghapuskan hukuman mati. Mereka melepaskannya pada 1906. 30. Ekuador memiliki stasiun penelitian ilmiah di Antartika.

Perjanjian Antartika menyebut jika benua ini diperuntukkan untuk penelitian dan bukan untuk kepemilikan, dan Ekuador menjadi bagian dari perjanjian itu. 31. Empat puluh persen orang dewasa di Ekuador tidak memiliki akses ke rekening bank. 32. Ada lebih banyak telepon seluler daripada orang di Ekuador.

Pemerintah melihat ini sebagai kesempatan untuk menguji penggunaan mata uang digital. 33. Ekuador memiliki pangkalan militer di Peru pada satu kilometer persegi wilayah sewaan yang disewa. 34. Ada lebih dari 25.000 spesies tanaman yang tumbuh di Ekuador dan minimal 317 spesies mamalia yang didokumentasikan berasal dari negara tersebut.

35. Lima belas persen dari spesies burung di dunia dapat ditemukan di Ekuador. Itu berarti lebih dari 1.600 spesies burung berbeda hidup di negara ini.

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Terradorap.com © Copyright 2019 - All Rights Reserved. Nikmati Hari dengan Informasi Terbaru.
Scroll To Top