Now Reading
Seberapa Aman WiFi dalam Penerbangan Pesawat

Seberapa Aman WiFi dalam Penerbangan Pesawat

Avatar

Internet sudah menjadi bagian dari kelangsungan hidup sekalipun sedang berada di atas ketinggian jelajah 30 ribuan kaki lebih pesawat terbang. Amankah peggunaan pesawat dalam perjalanan penerbangan sebuah maskapai? Presiden Direktur PT Mahata Aero Teknologi, Muhammad Fitriansyah menjawab pertanyaan tersebut setelah gencar memasang wifi gratis di dalam pesawat LCC, Citilink Indonesia.

Ia mengatakan wifi in flight telah mendapat respons positif dengan tingkat uji realibilitas sebesar 95,1 persen. Fitriansyah mengatakan wifi di pesawat Citilink berfungsi optimal dengan kegagalan transmit di bawah 5 persen. "Sebanyak 85 persen penumpang Citilink menggunakan wifi. Tentu kami akan terus melakukan evaluasi untuk meningkatkan realibilitas," ujar Fitriansyah di Jakarta, Kamis (21/03/2019).

Citilink menargetkan pemasangan wi fi inflightpada 8 unit pesawat pada tahun ini. Adapun satu unit pesawat telah terinstalasi pada penerbangan rute Jakarta Denpasar sejak 28 Desember. Fitriansyah mengatakan jaringan wifi tidak akan mengganggu sinyal pesawat kerena sudah dipastikan oleh regulator dalam hal ini Kementerian Komunikasi dan Informatika dan Kementerian Perhubungan.

"Instalasi aman sudah dipastikan regulator. Pemasangan equipment (kabel) ini juga sudah diverifikasi," paparnya. Meski telah dinyatakan aman, penumpang tetap dihimbau menyalakan mode pesawat di ponselnya. Mengutip laman goeuro.com, sebenarnya, WiFi di dalam pesawat terbang saat ini sudah terbilang aman.

Kecepatan WiFi di dalam pesawat terbang tidak setinggi WiFi saat di darat. Selain itu, ada kemungkinan hambatan sinyal internet karena banyak penumpang yang ingin terkoneksi dalam waktu yang hampir bersamaan. Cara kerjanya, ada antena pada pesawat terbang yang mengumpulkan sinyal sinyal internet dari darat maupun dari satelit.

Kemudian, ada router on board yang berfungsi seperti router biasa untuk mendistribusikan WiFi kepada semua pengguna dalam kabin. Tidak Semua WiFi In flight Gratis Maskapai penerbangan Eropa seperti Icelandair dan Norwegian Air menawarkan WiFi gratis.

See Also

Sementara, maskapai Air Berlin memang memiliki WiFi, tetapi kamu harus mengunduh aplikasi tertentu sebelum menggunakannya dan menjatuhkan sejumlah biaya WiFi. Penumpang disyaratkan untuk membayar WiFi (yang notabene kita kenal sebagai koneksi internet gratis) dalam beberapa maskapai. Merancang WiFi di dalam pesawat itu sangat rumit, ditambah pemasangan antena yang dapat membebani pesawat dan membuat konsumsi bahan bakar semakin meningkat.

Perlu diingat, Anda harus melihat instruksi WiFi pada maskapai penerbangan yang kamu tumpangi. Beberapa maskapai mempersyaratkan kamu untuk mengunduh sebuah aplikasi tertentu untuk online.

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Terradorap.com © Copyright 2019 - All Rights Reserved. Nikmati Hari dengan Informasi Terbaru.
Scroll To Top