Now Reading
Termasuk Kochi di Afghanistan Deretan Suku Nomaden yang Masih Bertahan di Tengah Modernisasi

Termasuk Kochi di Afghanistan Deretan Suku Nomaden yang Masih Bertahan di Tengah Modernisasi

Avatar

Pernahkah kamu membayangkan di era yang sudah modern seperti sekarang ini, masih ada beberapa suku atau kelompok masyarakat yang masih berpindah pindah? Gaya hidup suku ini disebut nomaden, sehingga suku tersebut juga dijuluki nomad. Mereka berpindah pindah untuk bertahan hidup dengan beberapa cara.

Seperti berburu dan mengumpulkan makanan, menggembala ternak, atau seniman yang menjual karya karya mereka. Jumlah anggota suku nomaden di dunia ini mencapai angka jutaan jiwa. Dengan nama yang berarti 'penghuni gurun' dalam bahasa Arab, tidak mengherankan jika orang Badawi memiliki gaya hidup nomaden.

Sebagai satu dari kelompok nomaden terbesar, ada sekitar 21 juta orang Badawi Secara tradisional mereka beternak kambing dan unta. Dunia modern memang telah menarik banyak orang Badawi dari gaya hidup tradisional nomaden, tetapi mereka yang tinggal di daerah perkotaan masih berupaya untuk menjaga budaya suku aslinya.

Orang orang Badawi telah hidup di padang pasir setidaknya selama satu milenium. Mereka selalu bergerak mencari sumber air, dan bahasa Arab yang mereka tuturkan konon merupakan salah satu bentuk bahasa yang paling murni. Dulunya, anggota suku Tlingit memang jauh lebih besar.

Namun, seperti kebanyakan kelompok pribumi di benua Amerika, anggota suku Tlingit berkurang drastis karena penyakit yang dibawa oleh penjelajah Eropa. Namun, sebuah komunitas Tlingit yang beranggota sekitar 15.000 orang masih memegang tanah dan tradisinya di sebuah daerah tepat di perbatasan Alaska dan British Columbia. Tlingit merupakan masyarakat pemburu pengumpul makanan, dengan sistem perikanan yang rumit yang menjaga ketersediaan makanan mereka.

Makanan, tidak mengherankan, merupakan fitur penting dari budaya, dan mereka bergantung pada diet bervariasi yang terdiri dari ikan, anjing laut dan rumput laut, buah beri, dan tanaman lain dari hutan. Saat ini, sebagian besar orang Tlingit tidak lagi mengikuti cara hidup yang lama. Orang Kochi adalah sekelompok penggembala sekaligus pengembara yang tinggal di Afghanistan.

Sekarang, ada sekitar 2,4 juta anggota suku Kochi, sekitar 1,5 juta di antaranya masih mempertahankan gaya hidup nomaden. Mereka beternak domba dan kambing kemudian menjual daging, wol dan produk susunya untuk membeli makanan lain untuk menopang kehidupan keluarga mereka. Namun, konflik berkepanjangan yang terjadi di Afghanistan telah mengganggu pola migrasi tradisional mereka.

See Also

Sementara dalam beberapa hal mereka masih tidak terpengaruh dunia modern. Kaum Kochi secara tradisional memainkan peran penting dalam masyarakat Afghanistan hingga ini. Qashqa'i adalah kelompok pengembara Turki yang bersifat pastoralis, yang saat ini kebanyakan tinggal di Iran dan bertutur dengan bahasa Persia selain bahasa asli Turki mereka, Qashqa’i.

Meskipun banyak Qashqa’i sekarang yang hidup menetap, mereka memiliki sejarah lisan yang sangat kuat. Bahkan, asal usul Qashqa'i berasal dari abad 11 atau 12 di Asia Tengah. Qashqa'i sangat terkenal dengan hasil tenun dan karpet mereka, yang terbuat dari wol Shiraz khusus,

Warna tenun dan karpet Qashqa'i lebih cerah dan lembut daripada produk dari tempat lain di negara ini. Ada sejumlah suku yang berbeda di dalam kelompok Qashqa'i, dan total ada sekitar 1,5 juta jiwa anggota.

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Terradorap.com © Copyright 2019 - All Rights Reserved. Nikmati Hari dengan Informasi Terbaru.
Scroll To Top